1000 Anak Yatim se-Jatim Adakan Doa Bersama untuk Papua

1000 Anak Yatim se-Jatim Adakan Doa Bersama untuk Papua

3 santriwati asal Sorong Papua yang menjadi santri di salah satu panti asuhan di Jawa Timur mengikuti doa bersama untuk Papua damai, foto: Teguh Imami/Suaramuslim.net

SURABAYA (Suaramuslim.net) – Forum Kerja Sama Panti Asuhan Islam (FKPAIS) Jawa Timur bekerja sama dengan Himmatun Ayat menyelenggarakan peringatan hari anak yatim 10 Muharram dalam bentuk doa yatim Jatim untuk Papua. Kegiatan ini dilakukan di jalan Pahlawan (depan Kantor Gubernur Jatim), Selasa (10/9).

“Acara ini kami adakan untuk untuk solidaritas Papua, kami melakukan doa bersama, salawat bersama, dan kami ingin ada wujud dari persatuan,” ujar Budi Hartoyo selaku Korlap aksi saat ditemui Suaramuslim.net di sela aksi.

Aksi yang diikuti sekitar 1000 anak yatim se-Jawa Timur yang berasal dari Ponorogo, Nganjuk, Lamongan hingga Jember ini banyak membawa poster berisi tulisan “Love Papua NKRI.”

“Banyak peserta membawa berbagai poster serta ikat kepala love Papua NKRI sebagai wujud kecintaan terhadap persatuan. Juga ada simbolis cinta Papua yang diserahkan pada anak yatim yang berasal dari anak Papua yang tinggal di Panti,” terang Budi.

Agenda yang dihadiri oleh pejabat Pemprov dan Polrestabes Surabaya ini menampilkan tampilan anak-anak yatim berupa kreativitas dan salawat. Tujuannya sebagai berikut:

1. Menumbuhkan semangat persatuan dan solidaritas.
2. Memupuk jiwa nasionalis dan semangat para pahlawan dalam mewujudkan keadilan sosial.
3. Mengurangi kesenjangan sosial masyarakat dan potensi konflik SARA.
4. Meningkatkan kepedulian sosial masyarakat terhadap warga kurang mampu dan anak-anak yatim/panti asuhan.

Reporter: Teguh Imami
Editor: Muhammad Nashir

Like this article?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on WhatsApp
Share on Telegram

Leave a comment