3 Langkah Agar Virus Corona Tak Bertahan di Kulkas

3 Langkah Agar Virus Corona Tak Bertahan di Kulkas

Kulkas dan stok bahan makanan. Foto: Pixabay.com

Suaramuslim.net – Ahli virologi, dr Warner Greene, di San Fransisco menyarankan untuk menyemprot disinfektan semua barang belanjaan sebelum ditaruh di kulkas. Hal ini untuk mengantisipasi barang belanjaan tersebut aman dari Covid-19.

Namun benarkah virus corona dapat bertahan di kulkas?

Mengutip NBCbayarea, sebuah studi tahun 2010, American Society for Microbiology, meneliti efek suhu dan kelembaban pada virus corona SARS yang terkait erat dengan Covid-19 (SARS-CoV-2). Dalam penelitian tersebut para ilmuwan menemukan bahwa virus dapat bertahan dalam suhu di bawah 4,4 derajat celcius.

Greene, yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut, mengatakan bahwa itu adalah alasan mengapa ia perlu merekomendasikan semua orang untuk menyemprot disinfektan barang belanjaannya sebelum ditaruh di kulkas.

“Intinya adalah, Anda tidak akan pernah memasukkan apa pun ke lemari es Anda tanpa didekontaminasi terlebih dahulu,” katanya.

Nah, Greene merekomendasikan beberapa langkah yang bisa kita lakukan agar makanan kita aman sebelum ditaruh kulkas.

1. Siapkan mangkuk berisi disinfektan berbahan dasar alkohol

“Ada dua hal yang dapat melarutkan membran coronavirus. Anda dapat menggunakan alkohol atau mencucinya dengan sabun dan air,” ujarnya.

2. Menambahkan sabun ke dalam air hangat

Rendam handuk dalam larutan pembersih dan peras. Gunakan handuk basah untuk menyeka permukaan setiap wadah makanan secara menyeluruh. Pastikan kamu melakukannya di permukaan yang bersih seperti meja yang sudah disemprot disinfektan.

Lakukan juga penyemprotan pada wadah makanan sebelum dimasukkan ke dalam dapur dan lemari.

3. Lap hingga kering

Segera lap kering semua bahan makanan kamu. Terutama yang bukan bahan makanan kering agar tidak cepat busuk.

Tapi sebelum menyimpan makanan di kulkas, sebaiknya kamu juga rajin membersihkan kulkas. Bagaimana caranya?

Kamu perlu mencegah penularan virus corona dengan melakukan pembersihan menyeluruh di rumah. Salah satu perlengkapan rumah tangga yang wajib dibersihkan adalah lemari es.

Lemari es atau yang biasa disebut kulkas ini merupakan alat yang digunakan untuk menyimpan serta mengawetkan makanan. Melansir Good House Keeping, berikut 5 cara membersihkan kulkas agar terhindar dari virus corona:

1. Keluarkan seluruh bahan 

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum membersihkan kulkas adalah mengeluarkan semua bahan makanan di dalamnya. Namun, khusus produk susu maupun daging sebaiknya tetap disimpan di dalam kulkas. Karena, produk tersebut sangat rentan terserang bakteri yang dengan cepat berkembang biak ketika produk dikeluarkan.

Tak hanya itu, kamu juga harus memilah seluruh bahan di kulkas baik yang masih boleh digunakan maupun yang sudah kedaluwarsa harus dibuang segera.

2. Cuci rak dan laci kulkas

Setelah mengeluarkan seluruh bahan makanan di kulkas, kini giliran kamu mencuci rak maupun laci yang ada di dalam kulkas. Caranya, gunakan sabun cuci piring, air, maupun handuk atau sponge, kemudian gosok perlahan rak dan laci kulkas kamu tersebut. Pastikan kalau rak dan laci kulkas kamu dapat dilepas dengan melihat buku panduan merek kulkas terlebih dahulu.

3. Bersihkan bagian dalam kulkas

Karena tak semua bagian dalam kulkas dapat dicopot, kamu harus bekerja ekstra akan hal ini. Ya, kamu perlu membersihkan bagian dalam kulkas secara menyeluruh. Sama seperti mencuci rak dan laci kulkas, kamu cukup membutuhkan air, sabun cuci piring, dan sponge kemudian lap seluruh bagian dalam kulkas.

Perhatikan juga untuk bagian yang sulit terjangkau maupun terkecil sekalipun agar dibersihkan menggunakan cotton buds.

4. Bersihkan bagian luar kulkas

Setelah selesai membersihkan bagian dalam kulkas, kini saatnya membersihkan bagian luar kulkas. Bagian luar kulkas sangat penting untuk dibersihkan terutama bagian gagang pembuka kulkas karena disentuh setiap anggota keluarga.

Caranya, gunakan sikat lembut dan sabun untuk membersihkan seluruh bagian luar kulkas, tak terkecuali pada sela-sela gagang kulkas.

5. Biarkan kulkas sampai dingin

Setelah semua langkah dalam membersihkan kulkas selesai dilakukan, biarkan lemari es kamu dingin agar semua bahan makanan dapat diletakkan kembali. Jika memiliki pendingin otomatis kulkas, kamu dapat memasukkan seluruh bahan makanan tersebut secara langsung setelah kulkas dibersihkan.

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

newsletter-suaramuslim

Suara Muslim Newsletter

Informasi Terbaru di Inbox Anda

Kabar terkini dan penawaran menarik dari Suara Muslim. Newsletter dikirim via email. Ayo berlangganan, gratis!