5 Tipe Wanita, Kamu yang Mana (part 2)
Dua wanita muslim berpelukan.

5 Tipe Wanita, Kamu Yang Mana? (part 1)

Suaramuslim.net – Sesungguhnya wanita dan lelaki di mata hukum Islam adalah setara. Terkait kewajiban salat, puasa, haji, zakat dan lainnya baik wanita dan lelaki sama hukumnya. Demikian pula terkait kesunnahan sebuah amal saleh, keharaman dan kemakruhan dari sebuah larangan di mata hukum semuanya sama.

Jika seorang perempuan beramal saleh akan mendapatkan balasan yang sama ketika lelaki beramal saleh, demikian juga sebaliknya yang beramal toleh.

Allah berfirman dalam Surat An-Nahl ayat 97, sebagai berikut:

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Barang siapa yang mengerjakan amal saleh; baik laki-laki maupun perempuan; dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik: dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik daripada apa yang telah mereka kerjakan.

Dari ayat tersebut, semua manusia baik laki atau perempuan sama saja terkait hukum. Dan akan mendapatkan balasan yang juga sama.

Memang ada pengecualian tertentu terkait kodrat perempuan, sehingga hukum berbeda karena kodrat kewanitaan itu. Seperti hukum terkait haid, nifas, kelahiran, persusuan dan lainnya.

Secara umum, siapa pun yang beramal saleh akan mendapatkan pahala, dan siapa pun yang beramal tholah tholeh akan mendapat siksa di akhirat.

Karena itu bagi muslimah, harus meningkatkan dirinya agar menjadi pribadi yang salehah. Di antara cara menjadi pribadi salehah, adalah dengan bercermin untuk mengambil pelajaran dari wanita-wanita yang digambarkan Al-Qur’an dari masa ke masa.

Para wanita yang dikisahkan Al-Qur’an ini hidup ribuan tahun lalu. Namun karakteristik dan sifatnya tetap abadi sampai sekarang untuk bisa diambil pelajarannya. Hal ini sesuai dengan ayat Al-Qur’an surat An Nur ayat 34;

وَلَقَدْ أَنزلْنَا إِلَيْكُمْ آيَاتٍ مُبَيِّنَاتٍ وَمَثَلا مِنَ الَّذِينَ خَلَوْا مِنْ قَبْلِكُمْ وَمَوْعِظَةً لِلْمُتَّقِينَ

Dan sesungguhnya Kami telah menurunkan kepada kamu ayat-ayat yang memberi penerangan, dan contoh-contoh dari orang-orang yang terdahulu sebelum kamu dan pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa.

Di antara contoh orang orang terdahulu adalah tipologi wanita yang digambarkan bermacam-macam. Intinya bermuara kepada tipologi wanita salehah dan tolah-tolehah.

5 Tipe Wanita, Kamu Yang Mana? (part 1)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.