7 Tips Mudik Lebaran Aman
Ilustrasi perlengkapan mudik. (Ils: Dribbble/ Eric Nyffeler)

Suaramuslim.net – Hari Raya Idul Fitri yang datang setelah Ramadhan identik dengan tradisi mudik. Mudik dijadikan ajang silaturahmi dan berkumpul bersama keluarga besar dan sanak saudara. Namun, masih banyaknya data kecelakaan yang terjadi saat mudik hendaknya dijadikan pelajaran agar para pemudik lebih berhati-hati. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pastikan perjalanan mudik Kamu dipersiapkan dengan matang. Berikut dipaparkan 7 tips mudik lebaran yang aman:

  1. Persiapkan Diri

Menempuh perjalanan ke kampung halaman selama beberapa jam memerlukan kesiapan fisik dan mental. Tips mudik lebaran aman yang pertama adalah pastikan kondisi kesehatanmu dan keluarga yang ikut mudik sedang dalam kondisi prima. Cek kondiai kesehatan sebelum berangkat mudik. Selain itu, siapkan bekal makanan dan minuman untuk dikonsumsi selama perjalanan.

Lebih lanjut, kondisi jalan saat mudik yang cenderung macet juga harus diantisipasi. Pengendara atau sopir harus cukup tidur dan jangan memaksa berkendara saat mengantuk atau capek. Beristirahatlah saat dirasa tubuh mulai lelah.

Selalu berdoa saat hendak berangkat dan selama dalam perjalanan agar selamat sampai tujuan. Perkirakan berapa lama durasi perjalanan, rencanakan waktu berangkat apakah di pagi hari, atau malam hari, dan ketahui tempat istirahat di sekitar jalan yang akan dilalui.

  1. Cek Kondisi Kendaraan
Baca Juga :  Tanya Jawab Fikih Puasa: Zakat Fitrah dengan Uang

Tips mudik aman yang kedua adalah cek kondisi kendaraanmu ke bengkel sebelum digunakan. Jika terdapat kerusakan yang tidak memungkinkan untuk diperbaiki menjelang mudik, gunakan alternatif kendaraan lain. Siapkan peralatan standar di dalam mobil atau motor yang digunakan.

  1. Pantau Kondisi Jalan

Tips mudik lebaran selanjutnya yaitu pastikan Kamu sudah paham rute mudik yang akan dilalui, termasuk jalur alternatif saat kondisi jalan macet. Memantau kondisi lalu lintas juga penting. Kamu bisa mengetahui kondisi lalu lintas terkini dari radio atau siaran online. Gunakan GPS jika Kamu belum mengetahui betul rute jalan yang akan dilewati. Jangan segan untuk bertanya jika memang dirasa perlu.

  1. Keamanan Berkendara

Jika Kamu berencana mudik menggunakan sepeda motor, batasi jumlah pengendara maksimal 2 orang. Jaga keselamatan berkendara anak dengan menggunakan helm khusus anak-anak yang berstandar SNI. Tips lainnya adalah batasi jumlah barang bawaan agar tidak mengganggu keseimbangan.

Untuk pengemudi dan penumpang mobil selalu gunakan seat belt untuk menghindari risiko cedera apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Amati Kondisi Cuaca
Baca Juga :  Menjaga Konsistensi Amalan Pascaramadhan

Persiapkan mantel dua lapis (atasan dan celana) untuk mengantisipasi hujan yang datang sewaktu-waktu. Bawa serta jaket dan masker untuk melindungi dari cuaca panas. Gunakan celana panjang dan alas kaki tertutup. Tips ini berlaku untuk pengendara yang mudik dengan menggunakan sepeda motor.

  1. Tinggalkan Rumah dalam Kondisi Aman

Agar mudik lebih tenang, pastikan rumah ditinggalkan dalam kondisi aman di bawah penjagaan satpam atau tetangga sekitar yang tidak mudik. Titipkan hewan peliharaan ke tempat penitipan hewan. Cek kembali kondisi di dalam rumah sebelum ditinggal mudik. Pastikan tidak ada kompor yang menyala atau kabel listrik yang terkelupas dan beberapa hal lain yang berpotensi menimbulkan bahaya. Simpan uang dan benda berharga di tempat yang aman.

  1. Tips Mudik dengan Transportasi Umum

Tips mudik aman yang terakhir adalah pilih moda transportasi yang aman, nyaman dan sesuai dengan budget keuangan. Pastikan tiket sudah dibeli jauh hari sebelumnya untuk mengantisipasi kehabisan tiket atau harga tiket yang dijual lebih mahal oleh calo. Jika memungkinkan, mudiklah beberapa hari sebelum hari H lebaran dan pulanglah beberapa hari setelah hari H untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik dan arus balik.

Baca Juga :  7 Tips Hemat Belanja Baju Lebaran

Selamat mudik. Semoga selamat pulang pergi sampai tujuan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.