Home Leisure Kosmetik 8 Bahan Dapur untuk Body Scrub di Rumah, Cantik Nggak Harus Mahal...

8 Bahan Dapur untuk Body Scrub di Rumah, Cantik Nggak Harus Mahal Kok!

0
8 Bahan Dapur untuk Body Scrub di Rumah, Cantik Nggak Harus Mahal Kok!
Bubuk kunyit.

Suaramuslim.net – Akhir pekan memang menjadi waktu yang tepat untuk memanjakan tubuh. Tak perlu ke salon karena ada banyak bahan dapur yang bisa dijadikan sebagai body scrub yang bikin kulit bersih dan mulus.

Perawatan kulit tubuh bukan hanya dengan sabun dan lotion, tapi kamu juga harus rutin mengaplikasikan body scrub pada tubuh kamu. Body scrub dapat membuat kulitmu menjadi lebih lembut dan mulus.

Menggunakan bahan alami untuk merawat kecantikan juga tidak perlu dilakukan dengan susah payah dan mengeluarkan banyak uang lho. Beberapa bahan sederhana yang selalu tersedia di sekitar kita dapat kita jadikan bahan untuk merawat kecantikan. Selain itu, tidak perlu repot-repot ke salon juga karena bahan di dapur ternyata banyak yang bisa kita manfaatkan.

Melansir dari American Academy of Dermatology, pengelupasan kulit dapat membuat kulit lebih cerah karena proses ini menghilangkan lapisan atas sel-sel kulit mati. Tindakan ini juga dapat merangsang produksi kolagen, yang membantu kulit tetap kencang dan bercahaya. Selain itu, memijat kulit selama mengoleskan body scrub merupakan hal yang baik untuk bersantai dan merasa lebih tenang, terutama jika kamu merasa lelah atau stres.

Namun, jangan berlebihan untuk menggunakan body scrub. Kamu tidak dianjurkan untuk menggunakannya setiap hari karena bisa membuat kulit menjadi kering, sensitif, dan teriritasi. Paling aman adalah melakukannya dua hingga tiga kali seminggu. Sementara jika kamu adalah pemilik kulit kering dan sensitif, dianjurkan hanya melakukannya sepekan sekali. Di bawah ini bahan scrub alami yang bisa kamu gunakan di rumah.

  1. Kopi
Baca Juga :  9 Manfaat Pelembab Wajah Malam Hari untuk Wajah Kamu

Kafein dapat membantu mengurangi penampilan selulit. Konon kopi juga masih menjadi bahan populer bagi banyak body scrub buatan di rumah. Butirannya yang kecil lembut di kulit dipercaya efektif menghilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit.

Kamu bisa menyiapkan ½ cangkir bubuk kopi, 2 sendok makan air panas, dan 1 sendok teh minyak kelapa yang telah dihangatkan. Campurkan bubuk kopi dan air panas ke mangkuk dan aduk rata dengan sendok. Kemudian tambahkan minyak kelapa atau juga bisa menggunakan minyak zaitun. Jika dirasa sudah pas, oleskan ke tubuh dengan cara dipijat lembut. Tunggu kira-kira 15 hingga 20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

  1. Gula Pasir

Gula termasuk salah satu bahan yang mudah ditemukan, bukan? Untuk membuat body scrub, kamu hanya perlu mencampurkan gula dengan minyak zaitun atau essential oil favoritmu.

Campurkan kedua bahan tersebut ke dalam sebuah wadah yang telah dibersihkan. Lalu diamkan beberapa saat dan kamu sudah bisa menggunakannya. Cukup gunakan 1 sendok makan scrub setiap kali mandi. Gosokkan pada kulit secara perlahan hingga kulit terasa bersih. Lalu bilas dan aplikasikan lotion untuk menenangkan kulitmu.

  1. Buat scrub dari oatmeal yang banyak sekali manfaatnya

Scrub alami dari oatmeal memiliki banyak manfaat. Scrub ini bagus untuk eksfoliasi tubuh dan mampu mengurangi kemerahan akibat sinar matahari.

Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan, di antaranya setengah gelas oatmeal, minyak zaitun, gula merah dan jelly. Sebelum mencampurkan dengan bahan lainnya, pastikan kamu telah menghancurkan oatmeal hingga halus. Setelah itu campurkan gula merah dan minyak zaitun ke dalam oatmeal yang telah dihaluskan tadi. Terakhir, campurkan jelly ke dalam adonan scrub tadi. Sekarang, scrub siap untuk digunakan.

  1. Lemon
Baca Juga :  Cara Membuat Masker Zaitun untuk Perawatan Wajah

Lemon mengandung banyak vitamin C yang bukan hanya baik untuk kesehatan tapi juga bisa mencerahkan kulit. Body scrub alami juga bisa dibuat dengan mengandalkan lemon.

Siapkan satu buah lemon, gula pasir secukupnya dan minyak zaitun. Campur semua bahan ini dan oleskan sambil memijat lembut seluruh bagian tubuh. Bilas dengan air hangat hingga bersih. Scrub ini aman digunakan setiap hari.

  1. Buat scrub dari pisang, jadi pingin dimakan aja deh

Body scrub yang mengandung vitamin dan mineral dapat membuat kulitmu lebih kencang. Buah pisang memiliki banyak kandungan vitamin, seperti vitamin B, E dan C. Oleh karena itu buah ini sangat cocok untuk dijadikan body scrub. Kamu hanya perlu menghaluskan pisang dengan gula dan minyak kelapa. Setelah teraduk dengan rata, kamu sudah bisa mengaplikasikan scrub ini pada tubuhmu.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung antioksidan dan kandungan asam alaminya membantu menghalangi kulit dari bahaya paparan sinar matahari. Minyak zaitun dapat membantu mengembalikan pH alami kulit dan direkomendasikan untuk orang dengan kulit kering. Pun, kandungan vitamin E di dalamnya membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif dan penuaan dini pada kulit.

Selain berguna untuk melembabkan kulit, minyak zaitun juga bisa dimanfaatkan untuk melembapkan bibir lho. Kamu bisa campurkan minyak zaitun, gula merah dan kayu manis lalu gosokkan pada bibir sambil dipijit, ini berguna untuk mengangkat sel kulit mati. Pakai dua kali sehari, pagi dan malam hari untuk mendapatkan hasil maksimal ya!

  1. Strawberry
Baca Juga :  Tumpas Mata Panda dengan 4 Bahan Ini!

Strawberry biasanya kita makan langsung, diolah menjadi jus, campuran puding, hiasan kue dan masih banyak lagi. Strawberry memiliki kandungan vitamin C yang dapat membuat tubuh kamu lebih sehat jika dikonsumsi dari dalam.

Tapi strawberry juga bisa memberikan nutrisi tubuh dari luar. Kamu akan mendapatkan manfaatnya dengan mengolah strawberry menjadi scrub dan mengaplikasikannya pada kulit wajah maupun tubuh.

Caranya mudah, ambil strawberry secukupnya, tekan-tekan buah strawberry menggunakan garpu sampai buah menjadi hancur. Setelah itu campur dengan beberapa sendok madu, aduk merata. Lalu oleskan campuran strawberry dan madu tadi ke seluruh permukaan kulit wajah dan tubuh kamu. Lakukan pijatan dengan gerakan memutar perlahan, kemudian diamkan sampai mengering lalu bilas dengan air hangat.

  1. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah yang digunakan untuk memasak. Kunyit mengandung antioksidan dan anti inflamasi serta dapat mengatasi bakteri pada jerawat yang meradang. Kunyit juga bisa diolah menjadi scrub yang cocok untuk kulit berminyak, dengan mencampurkan 1 sendok makan bubuk kunyit atau kunyit parut, sedikit garam dan air serta ampas teh apa saja secukupnya.

Lalu, aduklah semua bahan sampai merata hingga mendapatkan tekstur kasar yang tepat. Oleskan pada wajah ataupun tubuh dengan gerakan memutar dan pijatan perlahan, diamkan sampai kering lalu bilas dengan air hangat sampai bersih

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.