Kereta Api. Foto: Pixabay.com

Suaramuslim.net – Apa yang terlintas di benak kita saat berbicara soal kereta api? Ya, pasti jawabannya merentang dari perjalanan yang seru dan menyenangkan, cerita-cerita tentang pertemuan dan perpisahan, menikmati senja dan duduk di tepi jendela kereta api. Ketika bulan mulai muncul dari peraduannya, duduk di pinggi jendela kereta api sambil menikmati cahaya lampu serupa kunang-kunang berlarian menjadi pilihan yang tepat.

“Hampir malam di Yogya/Ketika keretaku tiba/Remang-remang cuaca/Termenung aku tiba-tiba,” tulis Ismail Marzuki dalam “Sepasang Mata Bola”.

Potongan lagu di atas menunjukkan: selain menimbulkan nostalgia—hal yang sanggup membuat kenangan buruk memudar dari ingatan—perjalanan menggunakan sepur juga kerap menjadi sumber inspirasi buat berkarya. Naskah Stasiun yang ditulis Putu Wijaya, misalnya, membuat sastrawan tersebut keluar sebagai pemenang kedua Sayembara Novel Dewan Kesenian Jakarta 1975.

Meski saat ini bermunculan ragam transportasi, tetap saja, kereta api masih menjadi juaranya. Selain murah, transportasi satu ini memang sangat nyaman. Menyenangkan bila bisa bertamasya menggunakan transportasi kereta api.

Biasanya peminat kereta api akan melonjak tinggi saat akhir pekan, libur akhir tahun, dan saat Hari Raya Idul Fitri. Tapi sebelum bepergian menggunakan kereta api, kamu harus memahami beberapa hal dulu supaya travelingmu  aman, lancar, dan menyenangkan.

1. Rencanakan perjalananmu sejak jauh-jauh hari

Tiket kereta api bisa di beli kurang lebih dua-tiga bulan sebelum keberangkatan. Bila kamu berencana traveling ke manapun, belilah tiket secepatnya atau maksimal sepekan sebelum keberangkatan. Dengan begitu, kamu dapat memesan kursi yang paling strategis dan bisa mengurus hal lain sebelum keberangkatan.

2. Hindari memesan tiket di peak season

Untuk menunjang kenyamanan, ada baiknya kita menghindari memesan tiket saat musim liburan atau peak season jika memungkinkan. Biasanya pada waktu ini, harga tiket akan jauh lebih mahal dan sulit didapat karena kepadatan penumpang.

3. Tiba lebih awal untuk menghindari antrean saat boarding

Jika kamu tidak ingin terjebak antrean pada saat boarding, usahakan untuk datang lebih awal di stasiun. Selain itu, sembari menunggu kereta api, kamu juga bisa mempelajari apapun yang ada di stasiun, seperti bagian-bagian informasi dan fasilitas yang ada.

4. Bawa barang secukupnya

Tips ketiga, usahakan membawa barang secukup dan seperlunya. Kamu tidak usah membawa barang terlalu banyak karena dapat merepotkan dalam kabin. Khusus penumpang yang bepergian bersama, hal ini menjadi penting agar dapat menjaga kenyamanan diri sendiri maupun kenyamanan bersama. Cukup membawa barang-barang dasar seperti perlengkapan pakaian, alat mandi, dan lainnya dalam satu atau dua tas.

5. Dekat jendela lebih nyaman

Salah satu alasan orang buat naik kereta pas mudik adalah berlama-lama melihat pemandangan. Meski durasi perjalanan bisa memakan waktu lebih dari enam jam, pemandangan cantik bisa menghapus rasa bosan maupun lelah kamu. Lantaran satu kursi bisa bertiga, kamu bisa pilih nomor kursi yang bersebelahan langsung dengan jendela. Selain itu, manfaat duduk dekat jendela adalah kamu dapat mudah menggunakan colokan charger yang posisinya berada di bawah meja penumpang. Kalau pun nggak dapat, kamu bisa bertukaran dengan penumpang lain, jika mereka mengizinkan.

6. Pastikan bawa dokumen penting

Saat hendak memulai perjalanan dengan kereta, persiapan pertama yang harus kamu lakukan adalah kelengkapan dokumen yang dibutuhkan. Umumnya, selain struk dan tiket kereta, kamu juga perlu membawa identitas berupa KTP ataupun SIM. Jika, kamu belum memiliki KTP, kartu pelajar bisa menjadi pengganti identitas.

Meskipun terdengar sederhana dan sepele, tanpa mempersiapkan dokumen-dokumen ini bisa-bisa kamu nggak bisa memasuki gerbong bahkan area tunggu stasiun, lho. Setelah memasuki gerbong, simpan juga dokumen-dokumen tersebut di tempat yang aman namun mudah dijangkau karena sangat mungkin akan dilakukan pemeriksaan tiket kembali ditengah-tengah perjalanan.

7. Jangan lupa makanan dan minuman untuk menemani perjalanan

Makanan dan minuman sering dianggap persiapan wajib untuk membuat perjalanan naik kereta lebih nyaman. Untuk perjalanan tidak terlalu jauh, camilan dan makanan ringan mungkin sudah cukup. Namun, untuk perjalanan jauh, kamu mungkin perlu mempertimbangkan makanan-makanan berat untuk mengganjal perut agar nggak kelaparan ditengah perjalanan. Untuk minuman, menyiapkan air mineral sudah wajib.

Nggak sempat melakukan persiapan naik kereta satu ini? Nggak perlu khawatir karena kamu bisa menemukan banyak tempat membeli makanan di stasiun. Di kereta-pun akan ada penjaga yang menjajakan makanan di tengah perjalanan.

8. Posisi duduk

Khusus buat kelas ekonomi dan bisnis, posisi tempat duduk memang nggak bisa diubah. Jadi, lebih baik dari awal kamu pilih deh posisi duduk maju, searah dengan laju kereta. Misalnya kereta jalan ke barat, kamu duduk menghadap ke barat juga. Selain dapat melihat pemandangan yang lebih bagus, posisi maju nggak bakal bikin kamu mual. Kalau kamu masih dapat pilihan tempat duduk banyak, hindari duduk dekat bordes (sambungan gerbong) atau lorong kereta. Biasanya, posisi bordes berdekatan dengan toilet. Tujuannya, biar perjalanan kamu makin seru, deh!

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.