Waspada Pergelangan Tangan Sakit Karena Terlalu Sering Mengetik

Waspada Pergelangan Tangan Sakit Karena Terlalu Sering Mengetik

Mengetik di laptop. Foto: Pixabay.com

Suaramuslim.net – Jika kamu merasakan nyeri pada area pergelangan tangan, maka kamu harus mewaspadainya karena ini merupakan gejala nyeri pergelangan tangan. Kondisi ini bisa disebut wrist pain, yaitu rasa sakit yang muncul akibat beberapa hal, seperti cedera pada tulang, sendi, dan jaringan di sekelilingnya. Tidak hanya itu, kondisi ini bisa terjadi akibat masalah yang tak kunjung diobati, misalnya artritis, asam urat, atau sindrom carpal tunnel.

Nyeri pergelangan tangan adalah rasa sakit pada pergelangan tangan yang bisa disebabkan oleh cedera atau penyakit tertentu. Pergelangan tangan yang sakit atau nyeri ini juga dapat terjadi akibat tekanan dari gerakan yang berulang-ulang.

Karena nyeri pergelangan tangan dapat disebabkan oleh banyak faktor, dibutuhkan pemeriksaan secara saksama oleh dokter untuk menentukan penyebab pastinya. Dari pemeriksaan tersebut, dokter juga dapat menentukan jenis pengobatan yang tepat untuk mengatasi pergelangan tangan sakit.

Kondisi ini bisa menyerang siapa saja, namun orang yang sering menggunakan tangan secara terus menerus seperti untuk memotong, mengetik bisa memiliki risiko yang lebih tinggi. 

Seperti yang kita tahu, pergelangan tangan adalah sendi kompleks yang tersusun atas kombinasi 8 tulang kecil dari tulang lengan bawah dan tangan. Tulang satu dan lainnya disatukan oleh sebuah jaringan kuat yang disebut ligamen, sedangkan tulang dan otot akan direkatkan oleh tendon. Nyeri pergelangan tangan ini muncul jika salah satu bagian tersebut mengalami cedera atau keseleo.

Mengapa tangan sakit saat mengetik?

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, kamu perlu tahu terlebih dahulu mengapa tangan kamu kerap sakit setelah terlalu sering mengetik.

Pekerjaan yang menuntutmu untuk sering mengetik, seperti penulis atau jurnalis sering berakibat pada rasa sakit di area pergelangan tangan dan jari. Mengapa ini bisa terjadi?

Dikutip dari Cleveland Clinic, dokter bedah ortopedi, Wiliam Seitz menjelaskan bahwa rasa sakit dan pegal ini karena masalah persendian area pergelangan tangan.

Selain itu, terlalu sering menekan tombol di laptop secara berulang lama-lama juga bisa menimbulkan rasa sakit di jari. Nyeri pergelangan tangan juga bisa berhubungan dengan jaringan saraf yang saling berhubungan dari ujung jari ke leher.

Inilah yang membuat jari, pergelangan tangan, dan leher sering sakit saat terlalu sering mengetik sehingga perlu cara untuk mengatasi kondisi ini. Selain itu, ada beberapa penyakit yang menjadi penyebab tangan sakit setelah mengetik terlalu lama, yaitu:

1. Carpal tunnel syndrome

Ini adalah sindrom yang terjadi karena terganggunya saraf tengah (saraf medianus) akibat tekanan yang terjadi pada bagian pergelangan tangan. Kondisi ini membuat rasa sakit dan melemahkan otot pada bagian pergelangan tangan. Hal ini terjadi akibat adanya kompresi atau penekanan pada saraf medial di tangan.

Ciri carpal tunnel syndrome adalah tangan terasa panas, kesemutan di area jempol, jari telunjuk, dan jari tengah. Pengobatannya bisa lewat obat, fisioterapi, sampai operasi.

2. Trigger finger

Ini adalah kondisi nyeri pada jari tangan, seperti jari kaku saat ditekuk atau ketika ingin meluruskan jari. Kalau kondisi trigger finger sangat parah, jari bisa terkunci dalam posisi menekuk sehingga sulit diluruskan kembali. 

3. Repetitive strain injury (RSI)

RSI atau repetitive strain injury adalah kondisi cedera otot atau jaringan saraf tubuh lain karena melakukan sesuatu berulang dalam waktu lama. Hal ini biasanya terjadi pada orang yang bekerja di depan secara berulang. Kondisi sakit tangan saat mengetik perlu ditangani dengan cara mengatasinya yang benar.

Bagaimana mengobati nyeri pergelangan tangan?

Jika gejalanya masih ringan, terdapat langkah yang bisa diterapkan di rumah untuk mengatasi penyakit ini, yaitu: 

  • Lepaskan perhiasan dari tangan yang nyeri atau cedera agar tidak sulit dilepas jika timbul bengkak.
  • Istirahatkan pergelangan tangan yang nyeri. Kamu juga bisa menggunakan es untuk mengompresnya. 
  • Jika ada luka luar, obati dengan baik agar lukanya tidak memburuk.
  • Lindungi tangan dari lingkungan yang dingin menggunakan sarung tangan.
  • Hindari menimpa pergelangan tangan yang cedera saat berbaring agar tidak menghambat sirkulasi darah.

Selain itu, pengobatan menggunakan beberapa jenis obat seperti obat anti nyeri juga disarankan. Namun, untuk kondisi yang semakin memburuk, dokter mungkin akan menyarankan tindakan operasi. Operasi biasanya dilakukan untuk berbagai kasus tertentu seperti patah tulang yang mendalam, sindrom carpal tunnel, memperbaiki kerusakan tendon atau sendi, atau kondisi kronis lainnya.

Like this article?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on WhatsApp
Share on Telegram

Leave a comment