PLN pastikan keandalan listrik pada laga Piala AFF U19 di Surabaya

PLN pastikan keandalan listrik pada laga Piala AFF U19 di Surabaya

SURABAYA (Suaramuslim.net) – Jelang laga internasional sepakbola AFF U-19 yang akan diselenggarakan pada dua stadion besar di Surabaya yakni Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) juga Gelora 10 November pada 17-29 Juli 2024, PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) mempersiapkan dengan baik keandalan sistem transmisi untuk menyalurkan pasokan listrik selama event berlangsung.

General Manager PLN UIT JBM, Amiruddin menyampaikan, PLN berkomitmen memastikan sistem transmisi andal untuk melayani kebutuhan pelanggan, terutama dalam penyelenggaraan event baik nasional hingga internasional.

“Menjaga keandalan pasokan listrik dilakukan dengan melakukan berbagai pemeliharaan baik di Gardu Induk ataupun pada tower SUTT/ET (Saluran Udara Tegangan Tinggi/Ekstra Tinggi),” terang Amiruddin.

Ia menyebut, pihaknya memastikan sistem transmisi andal untuk memasok kebutuhan listrik selama penyelenggaraan AFF U-19, pembersihan isolator dilakukan Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG), pada 8 titik tower yang berada pada jalur SUTT 150kV Altaprima – Surabaya Barat dengan membersihkan polutan yang menempel pada isolator akibat polusi.

“Hal ini untuk memastikan material transmisi berfungsi optimal menghadapi cuaca,” terang Amiruddin.

Selain itu, Amiruddin menyebut, dalam pemeliharaan petugas juga melakukan validasi pada jalur right of ways (ROW).

“Diperlukan memvalidasi ROW untuk pengamatan kondisi sepanjang jalur tower transmisi dipastikan aman dari gangguan eksternal atau benda asing maupun peralatan itu sendiri,” tuturnya.

Amiruddin melanjutkan, pemeliharaan material transmisi penting dilakukan secara rutin, agar pasokan listrik tidak terganggu karena kondisi isolator yang terpapar polusi.

“Pengukuran corona pada SUTT juga dilakukan untuk memastikan keandalan sistem transmisi. Corona ini merupakan kondisi ketika penghantar terionisasi dan dapat menyebabkan partial discharge pada permukaan konduktor saluran transmisi ketika kuat medan listrik dari konduktor melebihi tegangan tembus dari udara sekeliling, sehingga terjadi rugi daya pada SUTT/SUTET,” lanjut Amiruddin.

PLN UIT JBM berkomitmen mempersiapkan seluruh infrastruktur kelistrikan aman.

“Pemeliharaan dilakukan untuk memastikan kesiapan sistem transmisi andal dukung event berlangsung aman dan lancar,” papar Amiruddin.

Editor: Muhammad Nashir

Like this article?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on WhatsApp
Share on Telegram

Leave a comment