peluncuran Aplikasi E-Masjid (Foto: Suaramuslim.net)

SURABAYA (Suaramuslim.net) – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jatim bekerja sama dengan PT. Travelana Mandiri Sejahtera dan BPRS Lantabur menggelar grand launching aplikasi smart muslim e-masjid. Acara berlangsung pada hari Kamis 7 Juni 2018 bertempat di Hotel JW Marriot, Surabaya. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia K.H. Ma’ruf Amin, Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Deputi Komisioner OJK Ahmad Buchori.

Agus Maksum, pendiri aplikasi e-masjid mengungkapkan bahwa e-masjid merupakan aplikasi mobile pada smart phone yang berfungsi mengelola data base masjid oleh takmir, sehingga mempermudah komunikasi antara takmir dan jamaah, atau antar jamaah itu sendiri.

Selanjutnya dia menambahkan, fungsi aplikasi e-masjid yang lebih besar lagi adalah pemberdayaan ekonomi berbasis masjid. Jamaah yang notabene komunitas masjid dengan jumlah besar berpotensi saling memenuhi kebutuhan barang dan jasa dengan berdagang antar jamaah itu sendiri.

Sementara itu, Heru Cahyono selaku Kepala OJK Regional 4 Jawa Timur mengatakan bahwa melalui program smart muslim dalam bentuk aplikasi berbasis android, diharapkan mampu mengkoneksikan umat satu dengan umat lainnya untuk memakmurkan masjid.

Baca Juga :  Resmi, Aplikasi Tik Tok Dibuka Kembali

“Para jama’ah dan pengurus masjid serta usaha mikro di sekitar masjid dapat saling terkoneksi dan juga memperoleh akses keuangan dari perbankan syariah dalam bentuk pengelolaan kas masjid dan transaksi jual beli melalui fitur market place”, tambahnya

E-masjid adalah jawaban dari misi besar umat, yakni kemandirian ekonomi muslim di era digital”, pungkas Agus Maksum.

Reporter: Teguh Imami
Editor: Muhammad Nashir

 

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.