Ustadz Abdul Somad Tabligh Akbar di Koarmatim Surabaya(1)
Ustadz Abdul Somad Tabligh Akbar di Koarmatim Surabaya(1)

YOGYAKARTA (Suaramuslim.net) – Universitas Gadjah Mada (UGM) membatalkan undangan kajian akbar yang menghadirkan penceramah Ustaz Abdul Somad. Pihak UGM meminta acara yang sedianya digelar di masjid kampus itu dibatalkan.

“Berkaitan dengan acara yang rencananya akan diselenggarakan tanggal 12 Oktober 2019, pimpinan universitas meminta agar acara tersebut dibatalkan,” ujar Kepala Bagian Humas dan Protokoler UGM, Iva Ariani dalam keterangan rilisnya, Kamis (10/10).

Awal pekan ini di media sosial ramai surat undangan acara tersebut dengan berkop Masjid Kampus UGM yang ditandatangani Ketua Takmir Masjid Kampus UGM, Mashuri Maschab; dan Sekretaris Takmir, Edy Meiyanto.

Tema kajian yang akan diisi Abdul Somad dalam kuliah umum itu yakni Integrasi Islam dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK): Pondasi Kemajuan Indonesia. Selain Abdul Somad, pembicara lain di acara tersebut Heddy Shri Ahimsa Putra.

UGM beralasan pembatalan acara kuliah umum di masjid kampus itu untuk menjaga keselarasan kegiatan akademik dan kegiatan nonakademik dengan jati diri UGM.

Iva menjelaskan yang dimaksud keselarasan yang menjadi dasar pembatalan acara kuliah Abdul Somad itu merujuk kepada keterkaitan antara acara dan pembicara yang dihadirkan. “(Pembatalan) lebih kepada alasan acara, pembicara, waktunya dan hal lainnya yang kurang sesuai,” ujar Iva.

Reporter: Teguh Imami
Editor: Muhammad Nashir

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.