Timbangan badan dan buah-buahan. Foto: Pixabay.com

Suaramuslim.net – Pola makan sehat sangat dianjurkan di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 di Indonesia seperti saat ini. Mengonsumsi makanan dengan nutrisi atau gizi yang sehat tentu akan membantu meningkatkan imunitas kamu sehingga terhindar dari serangan bakteri serta virus berbahaya.

Dan semenjak pemerintah menetapkan kebijakan work from home (WFH), semua ASN bekerja dari rumah. Menghindari pertemuan-pertemuan kecuali dengan keperluan yang sangat mendesak.

Ada tantangan tersendiri berkaitan situasi tersebut. Sebab, dengan lebih banyak di rumah, berat badan dipercaya gampang bertambah karena keterbatasan bergerak. Juga, orang cenderung lebih mudah menyiapkan berbagai jenis camilan, seperti kue, cookies, berbagai keripik, es kopi susu, bahkan boba supaya kerja jadi lebih semangat.

Mengapa WFH bisa membuat badan melar?

Membayangkan WFH mungkin terasa menyenangkan. Kamu bisa bangun lebih siang, tidak perlu berdesakan di dalam transportasi umum, merasakan macet di pagi dan sore hari, plus bisa bersama keluarga sembari kerja.

Namun di sisi lain, bekerja dari rumah juga memungkinkan kamu bebas makan di rumah alias ngemil. Seperti yang kamu ketahui, ngemil adalah salah satu penyebab berat gemuk. Di sisi lain, aktivitas ini juga dibarengi dengan pergerakan badan yang minim.

Misalnya saja, kamu duduk di depan laptop seharian, menerima telepon sambil duduk, bermain handphone sambil menonton televisi. Aktivitas-aktivitas ini tentu berisiko tinggi membuat kamu gemuk. Apalagi itu semua dilakukan dalam waktu yang lumayan lama, yakni 14 hari (Sumber: klikdokter).

Bagaimana caranya menjaga berat badan selama WFH?

Melly Stevenson, binaragawati sekaligus seorang personal trainer, mengatakan bahwa kuncinya adalah dengan menjalani hidup yang seimbang. Persisnya, dengan makan dengan teratur, istirahat cukup, rutin minum air putih, berolahraga, dan tetap menjalani aktivitas yang menstimulasi otak. Tak hanya itu, ada banyak tips agar tetap sehat dan berat badan tak naik selama work from home.

1. Biasakan ngemil sehat

Saat work from home, hasrat untuk ngemil pasti sangat tinggi kan? Belum lagi kalau kamu bosan, pasti larinya ke camilan. Kalau kamu takut berat badan kamu malah bertambah semasa isolasi tapi tidak bisa berhenti ngemil, solusinya adalah dengan menyediakan camilan sehat di rumah. Contohnya perbanyak ngemil buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayuran. Kamu juga bisa sesekali buat smoothies atau jus sehat. Kalau kamu terbiasa ngemil camilan tersebut, tidak sulit kok untuk menerapkan pola makan sehat sehari-hari.

2. Ubah mindset

Kadang memang sulit menahan godaan untuk tidak ngemil dan jajan selama masa WFH. Terlebih jika kamu memang punya stok atau mudah membeli makanan. Salah satu cara untuk tidak makan camilan sembarangan adalah mengubah mindset. Tak jarang orang makan berlebihan karena mereka merasa butuh dihadiahi di saat-saat sulit. Karenanya, singkirkan pikirkan seperti ini.

3. Pilih yang mengandung tryptophan

Jika bisa pilih camilan dan makanan yang mengandung tryptophan. Tryptophan adalah asam amino esensial yang akan membantu tubuh membuat protein dan serotonin untuk mengontrol mood dan pola tidur.

Makanan-makanan yang mengandung asam amino termasuk pisang, salmon, kacang-kacangan, biji-bijian, dan telur, semuanya bagus untuk menjadi camilan kecuali salmon. Ayam kalkun juga bagus untuk mendorong tingkat serotonin yang akan membantu menstabilkan mood.

4. Membuat catatan makanan

Cara ini cukup berguna agar tahu asupan makan yang dikonsumsi setiap hari. Jadi, kamu tahu makanan apa yang sehat dan tidak sehat yang sudah masuk perut. Dengan menjalani pola makan yang sehat selama social distancing dan WFH, kamu tetap fit, bugar, dan berat badan tidak bertambah.

5. Tetap berolahraga

Selama masa WFH mudah untuk jadi malas bergerak terlebih adanya pemerintah untuk melakukan physical distancing. Tapi jika bisa tetaplah berolahraga atau paling tidak banyak bergerak. Di rumah, kamu dapat melakukan berbagai latihan fisik, membereskan furniture, berkebun, atau jalan-jalan di sekitar perumahan agar tetap sehat dan tidur pulas.

6. Minum air putih

Salah satu hal terpenting untuk menjaga kesehatan selama pandemi virus corona adalah banyak minum air putih. Selain air, kamu pun bisa mencoba teh herbal atau teh hijau untuk mencegah rasa ingin ngemil berlebihan dan membuat perut terasa kenyang.

7. Tidur yang cukup

Terlalu lama tinggal di rumah mungkin kita untuk bekerja di siang hari mendorong waktu layar kita ke malam hari. Kemungkinan kita akan bergadang untuk bersantai, yang dapat menciptakan peluang ngemil di malam hari. Ironisnya, bekerja dari rumah mungkin menyebabkan tidur lebih sedikit daripada ketika kita harus tidur dan bangun pagi untuk pergi bekerja. Tidur yang cukup adalah penting untuk mengatur berat badan.

8. Batasi konsumsi kafein

Saat bekerja dari rumah ini mungkin membuatmu sangat mudah untuk mengonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi. Ya, mungkin ini akan membantumu dalam memberikan energi tambahan saat mengerjakan pekerjaan. Namun pertimbangkan kandungan gula yang ada dalam kafein yang bisa membuatmu merasa lelah dan kehabisan energi. Selain itu juga kafein dapat mengganggu dirimu saat melakukan istirahat termasuk tidur malam. Jadi pertimbangkan sekali lagi untuk mengonsumsi kafein yang berlebih.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.