Kalau Kita Berdaulat, Harus Berani Berkata: Freeport Sudah Cukup!

Suaramuslim.net – Pakar hukum Universitas Airlangga DR Suparto Wijoyo menyatakan bahwa hari ini Indonesia sudah tidak berdaulat dengan dijarahnya kekayaan alam hingga tanah negeri ini. Pernyataan itu disampaikan pada Rabu (23/8) dalam Obrolan Aktual Seputar Bangsa (Oase Bangsa) di Hotel Garden Palace Surabaya.

Obrolan Aktual Seputar Bangsa atau Oase Bangsa yang diselenggarakan oleh Suara Muslim Radio Network bertema Merajut Ukhuwah Meneguhkan Kedaulatan. Dalam acara tersebut tiap narasumber dan audiens begitu semangat menyampaikan seputar krisis kedaulatan yang dialami Indonesia.

“Kalau kita berdaulat, seharusnya kita berani mengatakan Freeport sudah cukup! Persoalannya kita saat ini tidak berdaulat” Ujar Suparto.

Selain itu Suparto merujuk pada pasal 33 UUD 1945 yang tidak sejalan dengan realita, dimana korporasi dengan bebas mengeruk kekayaan alam hingga menguasai jutaan hektar tanah.

“Kedaulatan seperti apa yang kita harapkan ketika kekayan 2 orang kakak beradik melebihi kekayaan sejuta rakyat Indonesia? Itu menunjukkan kita jelas-jelas tidak berdaulat”, tegas Suparto.

Hadir pula anggota DPRD Surabaya Achmad Zakaria dan menanggapi pemaparan dari DR Suparto Wijoyo. Achmad Zakaria menyatakan “hal penting yang perlu kita lakukan terkait kedaulatan adalah memperjuangkan regulasi kepemilikan lahan yang berpihak kepada umat!”. (ajq/smn)

Baca Juga :  Kabintaldam V Brawijaya: Komunisme Makin Eksis di Dunia Maya

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.