BMKG : Waspada Cuaca Ekstrem di Jawa Timur Berpotensi Bencana Alam

146
Ilustrasi: Hujan lebat berakibat genangan di jalan protokol di Surabaya (Foto: pojokpitu)

SURABAYA (suaramuslim.net) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Meteorologi Kelas 1 Juanda Surabaya mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem yang akan terjadi mulai tanggal 26-28 November 2017.

BMKG menyebut akan terjadi potensi hujan lebat ekstrem di hampir seluruh wilayah di Jawa Timur. Selain itu akan ada potensi angin kencang dan puting beliung yang rentan terjadi pada sore hingga menjelang malam di daerah GERBANGKERTASUSILA (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan), Madura, Trenggalek, Tulungagung, Pacitan, Malang dan Jombang.

Sementara itu juga akan terjadi potensi gelombang tinggi di perairan Masalembu, perairan Bawean, Laut Jawa bagian timur, perairan selatan Jawa Timur dan Samudera Hindia Selatan Jawa Timur.

Masyarakat dihimbau agar waspada terhadap potensi genangan hingga potensi bencana banjir bandang maupun longsor di kawasan yang berpotensi hujan lebat. Sementara otoritas transportasi dihimbau waspada terhadap potensi genangan di jalan raya, jalur kereta api hingga landasan pacu Bandara. Selain itu kepada maskapai penerbangan dihimbau waspada terhadap potensi awan Cumulonimbus yang dapat mengganggu penerbangan.

BMKG menyebut cuaca ekstrem diakibatkan oleh tekanan udara rendah di selatan Jawa yang mengakibatkan area belokan angin menjadi penyebab pertumbuhan awan hujan. Selain itu aliran masa udara basah dari Barat menyebabkan kondisi udara di Jawa Timur menjadi tidak stabil. Kombinasi dua fenomena alam tersebut secara otomatis menjadi pemicu munculnya cuaca ekstrem di Jawa Timur.

Reporter: Ahmad Jilul Qur’ani Farid

Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here