Cara Membuat Masker Zaitun untuk Perawatan Wajah

Cara Membuat Masker Zaitun untuk Perawatan Wajah

Suaramuslim.net – Minyak zaitun (olive oil) merupakan hasil ekstraksi dari buah yang namanya disebut dalam Al Quran, buah zaitun. Konon minyak zaitun biasa digunakan oleh Ratu Cleopatra sebagai masker perawatan kecantikan. Fakta medis membuktikan, minyak zaitun menyimpan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, mengatasi masalah kulit serta menjaga kecantikan bagi kaum hawa.

Membuat masker dari minyak zaitun sangatlah mudah. Kamu juga bisa mencampurnya dengan bahan alami lain untuk hasil lebih maksimal. Masker minyak zaitun yang dicampur beberapa bahan berikut ini dipercaya mampu atasi beragam masalah kulit.

Menjaga kelembapan kulit

Salah satu manfaat masker minyak zaitun adalah melembabkan wajah, terutama untuk kulit kering. Bahan yang diperlukan, 1 sdm minyak zaitun, handuk lembut yang dicelupkan ke dalam air hangat lalu diperas. Cara membuat maskernya, pertama oleskan minyak zaitun ke wajah sambil dipijat menggunakan ujung jari. Lalu tutup wajah dengan handuk hangat selama beberapa menit. Setelah itu bilas wajah pakai air hangat, dan keringkan dengan menepuk handuk ke wajah.

Melembabkan kulit juga bisa menggunakan campuran minyak zaitun dan alpukat. Buah ini selain enak dimakan, juga kaya akan nutrisi yang cocok untuk semua jenis kulit. Kombinasi minyak zaitun dan alpukat mampu melembabkan kulit wajah karena kandungan asam lemak, antioksidan, serta minyak alami dalam alpukat.

Terakhir, bagi Kamu yang kulitnya terlalu kering, bisa rutin memakai masker minyak zaitun, kuning telur dan terigu. Ketiga bahan itu dicampur menjadi pasta, lalu dioleskan pada wajah dan biarkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah kering, bilas wajah pakai air hangat.

Mengencangkan kulit

Salah satu kandungan minyak zaitun adalah zat linoleic acid yang menjaga kadar air dalam wajah. Sementara putih telur terkenal ampuh mengencangkan sekaligus menutrisi kulit. Perbaduan putih telur dengan sedikit minyak zaitun bisa menjaga kulit dari masalah penuaan dini, atau keriput. Bahan lain bisa menggunakan minyak zaitun dan madu. Caranya, campurkan 1sdm minyak zaitun dan 1 sdt madu. Lalu oleskan masker pada wajah dan diamkan selam 10 hingga 15 menit. Setelah itu baru bilas menggunakan air hangat.

Menghaluskan wajah

Kabar baik bagi para pecinta kopi. Karena ternyata ampasnya bisa kita gunakan sebagai scrub wajah. Campuran ampas kopi dan minyak zaitun ampuh mengangkat sel-sel kulit mati dengan cepat lo! Jangan heran kalau kulitmu mendadak jadi bersih dan halus. Nah, bahan yang diperlukan:

2 sdm bubuk kopi

1 sdm gula

2 sdm minyak zaitun

Campurkan ketiga bahan diatas hingga menjadi pasta. Lalu oleskan ke seluruh wajah sambil dipijat lembut. Diamkan masker selama 15 menit, lalu bersihkan dengan air hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan secara teratur 2 kali dalam seminggu.

Kedua, bahan lain yang bisa dibuat masker untuk menghaluskan wajah adalah papaya. Buah satu ini punya kandungan Enzim papain yang berguna untuk meregenerasi kulit. Papaya juga mengandung vitamin A, C, dan E sebagai anti-oksidan untuk menutrisi kulit, menjaga kelembapan serta menghaluskan wajah. Langkahnya :

Campurkan buah papaya yang sudah dihalukan dengan 2 sdm minyak zaitun. Lalu oleskan pada kulit wajah secara merata selama 20-30 menit. Jika sudah, bilas wajah dengan air hangat.

Mencerahkan wajah

Lemon dan minyak zaitun, dua bahan alami yang mampu menyulap wajah jadi cerah serta menyamarkan noda hitam. Caranya tak jauh beda dengan bahan-bahan sebelumnya. Pertama, campurkan ยฝ sdt minyak zaitun dengan ยผ perasan air lemon. Kedua, oleskan bahan pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya. Berikutnya, diamkan masker sampai 15 menit lalu bersihkan wajah.

Mengobati jerawat

Minyak zaitun mengandung antibakteri alami untuk mencegah bakeri penyebab jerawat meradang. Anti inflamasi pada minyak zaitun juga membantu meredakan pembengkakan dan kulit merah akibat jerawat. Untuk mengatasi persoalan jerawat, kita bisa menggunakan masker dari minyak zaitun, kunyit dan yogurt tawar. Oleskan bahan pada wajah secara merata selama 15 menit, lalu bilas mengunakan air dingin.

Sementara untuk menghilangkan bekas jerawat, kita bisa meracik masker minyak zaitun dengan baking soda. Cara menggunakannya tidak jauh berbeda dengan langkah-langkah sebelumnya. Untuk hasil maksimal memang butuh kesabaran ya. Jadi rutinlah menggunakan masker alami minyak zaitun dengan beberapa bahan alami diatas.

Editor: Oki Aryono

Like this article?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on WhatsApp
Share on Telegram

Leave a comment