Traveller Muslimah. Foto: Chamdika Alifa

Suaramuslim.net – Bertualang ke berbagai tempat tentu menjadi dambaan semua orang. Mengunjungi tempat indah serta mengandung nilai sejarah nggak hanya memberikan pengetahuan baru tetapi juga dapat memanjakan mata kita akan kuasa Allah yang sungguh luar biasa. Ya, travelling memang tak sekedar jalan-jalan, tetapi juga bisa memperkaya jiwa.

Nah, sebagai seorang traveller terutama muslimah, ada beberapa persiapan khusus yang harus kamu siapkan agar perjalananmu nggak terganggu oleh suatu apapun. Apa sajakah itu? Check this out!

1. Riset dulu daerah yang akan kamu kunjungi agar ibadahmu lancar

Foto: Pixabay.com

Sebagai seorang traveler muslim, terutama muslimah riset yang perlu kamu lakukan mungkin terasa sedikit lebih rumit jika dibandingkan dengan traveler non-muslim. Misalnya saja, kamu tidak hanya perlu mencari tahu tentang harga makanan di negara setempat tapi juga perlu mengetahui kandungan dari makanan tersebut, apakah makanan terkait mengandung zat yang diharamkan atau tidak, cek juga lokasi masjid terdekat tempat penginapanmu. Kalaupun jauh dari masjid, usahakan tempat kamu menginap adalah penginapan ramah muslim.

2. Download aplikasi arah kiblat

Foto: Pixabay.com

Ketika kamu berada di suatu tempat nggak kamu ketahui dimana arah mata angin kiblat, wajib banget untuk download aplikasi di smartphone-mu yang dapat menunjukkan arah kiblat dan mata angin. Hal ini tentunya akan memudahkan mu ketika ingin sholat tetapi belum mengetahui dimana letak arah kiblatnya.

3. Bawa pakaian yang diperlukan, sesuaikan dengan kondisi daerah yang akan kamu kunjungi

Foto: Pixabay.com

Siapkan pakaian yang membuatmu nyaman. Usahakan jangan membawa pakaian yang berbahan sifon. Bahan sifon umumnya digunakan untuk membuat baju wanita. Meskipun bahan ini tergolong bahan yang nyaman dipakai karena terasa enteng, namun ada baiknya untuk urusan traveling kamu menyimpannya terlebih dahulu. Alasannya adalah karena baju seperti itu tidak menyerap keringat.

Bawa pakaian secukupnya disertai dengan alat shalat. Jadi, ketika kamu ingin beribadah atau sholat nggak perlu pinjam lagi ke masjid terdekat. Oiya, jangan lupa membawa stok kaos kaki ya, Ukh! Karena kaki juga bagian dari aurat.

4. Jangan lupa cek kehalalan makanan

Foto: Pixabay.com

Pastikan makanan di daerah tempatmu travelling merupakan makanan halal. Kalau masih ragu, lebih baik pilih restoran yang menyediakan menu vegetarian.

5. Fasilitas rekreasi yang privat

Foto: Pixabay.com

Bagi sebagian besar traveller muslimah yang taat, keberadaan fasilitas rekreasi yang menjaga privasi sangatlah dibutuhkan. Itu disebabkan karena mereka benar-benar menjaga interaksi antar lawan jenis yang bukan mahromnya. Mereka menginginkan fasilitas rekreasi yang terjaga privasinya, seperti kolam renang yang terpisah antara pria dan wanita.

6. Jangan lupakan cemilan! Hehe…

Foto: Pixabay.com

Ketika sedang traveling biasanya kita terbiasa untuk jajan di pinggir jalan. Namun pada kenyataannya tidak semua makanan di pinggir jalan bisa dimakan. Baik karena alasan kebersihan ataupun kandungan makanan hal tersebut perlu diperhatikan.

Maka itu untuk mengantisipasi ada baiknya kamu menyimpan camilan yang dibeli dari minimarket yang sudah kamu ketahui kandungan di dalamnya. Selain lebih sehat, hal tersebut meminimalisir kemungkinan memakanan makanan yang tidak seharusnya.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.