Dokumen Rahasia Soal Muslim Uighur Bocor, Ungkap Kekejaman Tiongkok
Anak-anak Uighur Ditahan di Xinjiang Foto ini diambil pada 2 Juni 2019 menunjukkan bangunan di Pusat Layanan Pelatihan Keterampilan Pendidikan Kejuruan Kota Artux, yang diyakini sebagai kamp pendidikan ulang tempat sebagian besar etnis minoritas Muslim ditahan, di utara Kashgar di wilayah barat laut Cina Xinjiang. (Foto: AFP)

XINJIANG (Suaramuslim.net) – Kondisi terbaru yang mengerikan bagi kaum Muslim Uighur di wilayah Xinjiang, Tiongkok mencuat ke publik melalui sebuah dokumen yang bocor pada Ahad, 17 November 2019.

Dokumen itu berisi perintah Presiden Tiongkok Xi Jinping kepada para pejabat untuk bertindak tanpa belas kasihan terhadap separatisme dan ekstremisme warga Uighur dan minoritas Muslim.

Seperti dikutip The New York Times, dokumen itu memiliki tebal 403 halaman. Terdapat naskah pidato yang sebelumnya tidak dipublikasikan oleh Xi, serta arahan dan laporan tentang pengawasan dan pengendalian populasi Uighur.

“Dalam pidato tahun 2014 kepada para pejabat yang dibuat setelah gerilyawan dari minoritas Uighur menewaskan 31 orang di sebuah stasiun kereta di Tiongkok barat daya, Xi menyerukan agar dilakukan perjuangan melawan terorisme, infiltrasi dan separatisme secara habis-habisan menggunakan organ kediktatoran dan tanpa belas kasihan,” tulis NYT menjelaskan isi pidato Xi, Senin (18/11).

“Dokumen-dokumen itu dibocorkan oleh anggota yang tidak disebutkan namanya dalam pendirian politik Tiongkok, yang menyatakan harapan bahwa pengungkapan itu akan mencegah para petinggi, termasuk Xi, lolos dari hukuman karena melakukan penahanan massal.” Tambah NYT lagi.

Baca Juga :  Qatar Tarik Dukungan untuk Penahanan Tiongkok Terhadap Muslim Uighur

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.