Hindari 5 Makanan Ini Saat Berbuka Puasa

0
34
puasa, makanan asam pedas, makanan bersantan

Suaramuslim – Setelah menahan rasa lapar dan haus ketika puasa, umumnya kita akan menyantap beragam makanan saat berbuka. Perlu diketahui bahwa tidak semua makanan cocok dengan kondisi perut kita yang hampir 12 jam tidak terisi apapun. Salah memilih menu berbuka dapat membuat rasa mual, muntah dan sakit perut.

5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Berbuka

Berikut makanan yang perlu dihindari saat berbuka puasa

Gorengan

Rata-rata masyarakat Indonesia gemar dengan gorengan. Bahkan gorengan kerap menjadi menu berbuka puasa. Sebaiknya gorengan dihindari saat berbuka. Kanudngan lemak dari minyak yang digunakan untuk menggoreng bukan hal yang sehat bagi tubuh. Pencernaan pun akan bekerja keras dalam mencerna gorengan, di saat perut sedang kosong.

Es

Air es dan segala yang berbau es sebenarnya tidak dianjurkan untuk buka puasa. Ini disebabkan suhu tubuh saat puasa umumnya lebih hangat. Sehingga konsumsi minuman hangat lebih dianjurkan agar sesuai dengan suhu tubuh dan pencernaan tidak kaget.

Asam dan pedas

Saat berbuka puasa, jenis makanan asam dan pedas perlu dihindari. Hal ini dapat mengakibatkan lambung teriritasi. Terlebih dengan kondisi perut kosong seperti waktu buka puasa.

Santan

Santan mengandung lemak menyulitkan lambung dalam mencerna saat berbuka puasa. Oleh karena itu, hindarilah makanan bersantan sebagai hidangan berbuka.

Daging

Berbagai jenis daging mengandung serat yang tinggi. Proses pencernaannya pun membutuhkan waktu lebih lama. Padahal saat buka puasa tubuh butuh nutrisi untuk mengganti nutrisi yang hilang seharian. Mengonsumsi daging saat berbuka puasa tidaklah dianjurkan.