Memasuki-salah-satu-sudut-di-lobi-The-Sherwood-Taipei-pengunjung-bukan-hanya-disuguhi-suasana-modern-tapi-juga-nuansa-tradisional.
Memasuki salah satu sudut di lobi The Sherwood Taipei, pengunjung bukan hanya disuguhi suasana modern tapi juga nuansa tradisional. Foto: Muhammad Nashir

Suaramuslim.net – Jika Thailand mengukuhkan diri menjadi dapur halal dunia dan Korea Selatan punya industri kosmetik halal dunia, Taiwan pun tidak ketinggalan. Negeri Formosa ini dalam beberapa tahun berjalan sedang menggencarkan wisata ramah muslim (muslim friendly) yang mencakup restoran, hotel, rumah singgah, leisure farm, dan dapur halal.

Saat ini total ada 217 unit bisnis yang sudah mendapatkan sertifikat halal. Sertifikat itu diberikan oleh berbagai lembaga halal di Taiwan seperti Chinese Muslim Association, Kaohsiung Mosque, Islamic Association of Taiwan, International Muslim Tourism Industry, dan Barakah Taiwan Halal Hub.

“Dari 217 itu, paling banyak hotel yaitu 89. Sementara restoran 85, rumah singgah 29 dan leisure farm 10 serta 4 dapur halal yang sudah bersertifikat halal,” tutur Kelly dari Taiwan Tourism Bureau Kantor Kuala Lumpur yang menemani redaksi Suaramuslim.net berkeliling Taiwan pada pekan ketiga bulan Juli 2019.

Bagi kamu yang akan berkunjung ke Taiwan, khususnya di daerah Timur dan Tenggara, 7 hotel ramah muslim berikut ini bisa jadi pilihan menginap.

The Sherwood Taipei

 Hotel bintang lima yang terletak di Minsheng East Road Songshan District, Section 3, No. 111, Taipei, ini menyiapkan layanan muslim friendly untuk tamu-tamu muslim dari berbagai negara. Alquran dan sajadah tersedia di kamar hotel, dilengkapi arah kiblat dan menu halal yang sudah mendapatkan sertifikat dari Chinese Muslim Association.

Sajadah, Alquran dan arah kiblat di kamar The Sherwood. Foto: Muhammad Nashir
Sajadah, Alquran dan arah kiblat di kamar The Sherwood. Foto: Muhammad Nashir

“Kami memiliki prosedur yang sangat jelas untuk menyambut dan memberikan akomodasi kepada pengunjung muslim agar mereka merasa tenang saat bermalam dan menikmati menu yang disediakan hotel ini,” ujar Achim v Hake, General Manager The Sherwood Taipei kepada Suaramuslim.net, Selasa (23/7).

Achim v Hake, General Manager The Sherwood Taipei. Foto Muhammad Nashir
Achim v Hake, General Manager The Sherwood Taipei. Foto: Muhammad Nashir

“Bahan baku daging dan alat masak untuk tamu muslim juga sudah kami pisahkan karena ini menjadi syarat mendapatkan sertifikat halal,” tutur warga Jerman yang sudah berada di Taiwan sekitar lima belas tahun ini.

Baca Juga :  Dar Al Hajr, Istana Megah di Atas Bebatuan

Selain kamar dan restoran, Achim menjelaskan pihaknya juga melayani konferensi dan ruangan rapat atau bisnis yang ramah muslim. Biasanya delegasi dari kedutaan negara muslim yang menggunakan paket seperti ini.

The Sherwood Taipei di malam hari. Foto Muhammad Nashir
The Sherwood Taipei di malam hari. Foto: Muhammad Nashir

Achim mengaku konsep muslim friendly yang mereka terapkan mampu memberi kenaikan pengunjung dalam beberapa tahun ini. Apalagi, pihaknya terus memperbarui sertifikat halal kepada asosiasi muslim.

Memasuki salah satu sudut di lobi The Sherwood Taipei, pengunjung bukan hanya disuguhi suasana modern tapi juga nuansa tradisional. Foto Muhammad Nashir
Memasuki salah satu sudut di lobi The Sherwood Taipei, pengunjung bukan hanya disuguhi suasana modern tapi juga nuansa tradisional. Foto: Muhammad Nashir

Luminous Hot Spring Resort & Spa

Terletak di Jalan Zhonghua, Seksi 1 No. 200, Luye, Taitung, hotel ini merupakan tujuan wisata pegunungan yang cocok untuk keluarga atau pun datang sendiri saat berwisata di Taitung. Nuansa alam yang sejuk dan tenang berbalut budaya suku asli Taiwan siap memanjakan pengunjung muslim dengan menu halal spesial.

Kami tiba di Luminous pada saat makan malam setelah berwisata edukasi di kebun teh dan menikmati es krim dari bahan lokal organik yang halal tentunya.

Sambutan hangat langsung diberikan oleh manajemen hotel. Setelah check in, kami diarahkan menuju tempat makan khusus yang digunakan untuk wisatawan muslim. Tidak semua pengunjung muslim akan dilayani seperti ini, tapi kalau sudah pesan dengan kouta tertentu, pihak hotel akan menyiapkan tempat tersendiri.

Baca Juga :  Soerabaia Tempo Doeloe “Hotel Legendaris“

Salah satu petugas food & beverage-nya ternyata WNI asal Kalimantan. Masakan yang disajikan terdiri dari olahan sayur, ikan dan ayam yang sudah mendapatkan sertifikat halal dari asosiasi muslim.

Salah satu menu halal dari olahan ayam di hotel Luminous yang didapat dari produsen ayam potong bersertifikat halal. Foto Muhammad Nashir
Salah satu menu halal dari olahan ayam di hotel Luminous yang didapat dari produsen ayam potong bersertifikat halal. Foto: Muhammad Nashir

Fasilitas istimewa lainnya dari hotel ini adalah bak mandi hot spring di masing-masing kamar hotel. Terlebih, hot spring di hotel ini termasuk yang terbaik berasal dari Hungye hot spring. Memiliki kandungan sodium, kalium, kalsium, lithium, natrium bikarbonat dan mineral lainnya.

Hot spring bath up yang tersedia di masing-masing kamar hotel Luminous. Foto Muhammad Nashir
Hot spring bath up yang tersedia di masing-masing kamar hotel Luminous. Foto: Muhammad Nashir

Jadi, setelah berendam di hot spring ini, tidak perlu membilas tubuh agar kulit tetap lembab dan segar.

Obyek wisata yang cukup dekat dengan Hotel Luminous adalah Festival Balon Udara di Dataran Tinggi Luye, Chulu Leisure Agricultural Area dan Brown Avenue di Chihshang.

Pemandangan menyejukkan yang bisa disaksikan dari kamar hotel Luminous. Foto Muhammad Nashir
Pemandangan menyejukkan yang bisa disaksikan dari kamar hotel Luminous. Foto: Muhammad Nashir

Hualien Farglory Hotel

Hotel bintang lima di sudut terindah Taiwan. Dikelilingi hijaunya pegunungan dari arah belakang dan birunya Laut Pasifik dari arah depan. Pengunjung muslim yang datang ke hotel ini akan merasakan layanan berkelas internasional dan pastinya, halal.

Pemandangan bukit hijau dan Laut Pasifik yang bisa disaksikan dari dalam kamar hotel Farglory. Foto Muhammad Nashir
Pemandangan bukit hijau dan Laut Pasifik yang bisa disaksikan dari dalam kamar hotel Farglory. Foto: Muhammad Nashir

Menyusuri lorong dan memasuki kamar di hotel ini terasa suasana era Victoria. Eric Kou, Asisten Direktur Departemen Pemasaran dan Penjualan Farglory Hotel Hualien menyebut, sebenarnya di setiap kamar ada lukisan berbentuk kepala manusia tapi untuk tamu muslim, sementara dicopot agar tidak mengganggu.

Baca Juga :  Aryasandhiyudha: Tiongkok Taiwan Jangan Bawa Konflik Politik ke Asian Games

Eric menjelaskan, di setiap kamar khusus muslim tersedia sajadah, Alquran dan arah kiblat, toilet pun dilengkapi flush untuk bersuci setelah buang air. Namun, tidak semua kamar ada fasilitas seperti ini, benar-benar dikhususkan bagi tamu muslim.

Salah satu sudut di kamar Hualien Farglory Hotel. Foto Muhammad Nashir
Salah satu sudut di kamar Hualien Farglory Hotel. Foto: Muhammad Nashir

“Sekarang untuk tempat salat masih di kamar, kedepan kami menyiapkan musala tersendiri dan website khusus untuk muslim. Guide pun sedang kami latih. Jadi untuk tamu muslim akan dibawa guide khusus muslim pula,” imbuhnya saat ditemui Suaramuslim.net, Kamis (25/7).

Jadi begitu tamu masuk ke hotel, ada kesulitan, bisa mencari guide yang ada logo muslimnya, nanti akan dibantu.

Mendapatkan sertifikat halal sejak empat tahun lalu, hotel di Taiwan ini juga memberikan kemudahan untuk mendapatkan makanan halal di restoran mereka.

“Sertifikat halal yang kami miliki ada dua jenis. Pertama untuk lingkungan seperti akomodasi dan layanan kamar tadi. Kedua untuk dapur halal,” jelas Eric.

Eric Kou menunjukkan dua sertifikat halal yang dimiliki. Foto Muhammad Nashir
Eric Kou menunjukkan dua sertifikat halal yang dimiliki. Foto: Muhammad Nashir

“Saat memasuki restoran, kalau ragu dengan pilihan menu, tamu bisa memesan kepada petugas dan akan diantarkan makanan halal ke meja. Semua peralatan masak dan bahannya dipisah dari yang non-halal. Atau bisa masuk ke restoran vegetarian yang letaknya berhadap-hadapan” tutupnya.

Sandwich dan omelet, dua menu halal yang disajikan kepada pengunjung muslim. Foto Muhammad Nashir
Sandwich dan omelet, dua menu halal yang disajikan kepada pengunjung muslim. Foto: Muhammad Nashir

Eric berharap tamu-tamu muslim dari Indonesia, Malaysia dan Timur Tengah akan terus berdatangan seiring pembenahan yang mereka lakukan di hotel beralamat di Shanling 18, Yanliau Bil., Shoufeng, Hualien, Taiwan ini.    

Suasana pegunungan dan Hualien dari depan Hualien Farglory Hotel di pagi hari. Foto: Suaramuslim.net
Suasana pegunungan dan Hualien dari depan Hualien Farglory Hotel di pagi hari. Foto: Suaramuslim.net

(Bersambung ke bagian 2)

Baca artikel seputar Wisata Halal Taiwan di sini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here