India Catat Lonjakan Kasus Corona dalam Satu Hari

India Catat Lonjakan Kasus Corona dalam Satu Hari

Masyarakat India memadati toko-toko swalayan dan apotek di hari pertama penerapan lockdown untuk memerangi wabah virus corona, Rabu (25/3). (Foto: Reuters)

NEW DELHI (Suaramuslim.net) – Kementerian Kesehatan India mencatat 149 kasus virus corona tipe baru atau Covid-19, Jumat (27/3) waktu setempat. Ini adalah kenaikan angka satu hari tertinggi negara sejauh ini.

Jumlah total kasus di seluruh India kini mencapai 873, dan 19 kematian akibat Covid-19. Negara bagian di India Barat, Maharashtra memiliki jumlah kasus tertinggi yaitu 180 kasus, diikuti negara bagian di India Selatan, Kerala yaitu 173.

Perdana Menteri India Narendra Modi telah melakukan langkah lockdown selama 21 hari guna menangkal penyebaran Covid-19 meluas di negaranya. Namun, upaya lockdown banyak tak ditaati masyarakat India.

Pemimpin Partai Bharatiya Janata (BJP) yang berkuasa Sundhanshu Mittal mengatakan India adalah salah satu dari sedikit negara yang bertindak cepat dan tegas untuk menahan wabah tersebut.

“Anda tidak dapat memiliki reaksi spontan terhadap bencana seperti itu tanpa mengevaluasi dan mengantisipasi skala masalah dan melihat pengetahuan domain internasional dan konsensus. Banyak keputusan administratif dibuat,” katanya dikutip Aljazeera, Sabtu (28/3).

Menurut laporan terbaru oleh badan penelitian medis top negara itu, Dewan Penelitian Medis India (ICMR), 27.688 tes virus korona telah dilakukan pada jam 9 pagi, Jumat (27/3).

“Sebanyak 691 orang telah dikonfirmasi positif di antara kasus yang diduga dan kontak dari kasus positif yang diketahui,” ujar pembaruan ICMR.

Sumber: Al Jazeera

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment