Inilah Istri-istri Nabi beserta Urutannya

Suaramuslim.net – Dalam hidupnya, nabi pernah menikahi 13 wanita. Berikut nama-nama beserta urutannya yang disadur dari kitab “al-Sīrah al-Nabawiyyah” (1955: II/643) karya Ibnu Hisyam.

  1. Khadijah binti Khuwailid.

Maharnya waktu itu 20 ekor unta. Dalam catatan sirah yang masyhur, beliau menikahi Khadijah pada usia 25 tahun. Sementara Khadijah sendiri, saat itu, berumur 40 tahun. Menariknya, selama Khadijah hidup, beliau tidak pernah menikahi wanita lain. Bersama Khadijah lah masa-masa muda terbaik dan produktivitas nabi dihabiskan dan beserta dia pula perjuangan berat di Makkah bisa dilalui dengan ketabahan dan kesabaran. Sebagai istri yang kaya, kepeduliannya pada bidang dakwah sudah sangat teruji. Dengan Khadijah pula, nabi dikarunai enam anak: Abdullah, Al-Qasim, Zainab, Ruqayyah, Fathimah dan Ummi Kaltsum.

2. Aisyah binti Abu Bakar.

Dinikahi di Makkah setelah Khadijah meninggal ketika berusia tujuh tahun. Dan baru digauli ketika di Madinah saat berusia 9 tahun. Maharnya saat itu 400 dirham. Bersama Aisyah, hidup nabi sangat bewarna dan romantis. Bila Khadijah adalah wanita dewasa yang keibuan maka sebaliknya Aisyah adalah wanita muda yang energik, lincah dan cantik.   Dibanding dengan istri-istri lain, Aisyah adalah istri satu-satunya yang dinikahi dalam kondisi perawan. Selain itu, beliau juga dikenal sebagai istri nabi yang intelektualitasnya sangat tinggi. Beliau termasuk sahabat yang banyak meriwayatkan hadits. Dengan beliau Rasulullah tak memiliki anak.

Baca Juga :  Mengenal Istri-istri Nabi Muhammad SAW

3. Saudah binti Zam’ah.

Mahar yang diberikan kepada beliau waktu nikah adalah 400 dirham. Saudah dinikahi ketika usianya sudah enam puluhan.

4. Zainab binti Jahsyin.

Zainab adalah mantan istri Zaid bin Haritsah. Waktu itu mahar yang diberikan Rasulullah adalah 400 dirham. Dengan beliau Rasulullah tak memiliki anak.

5. Ummu Salamah binti Abu Umayyah.

Sebelum dengan Rasulullah, ia adalah istri sahabat yang syahid bernama Salamah bin Abi Salamah. Waktu itu mahar yang diberikan: kasur yang isinya serabut, anak panah, sehelai kain dan penggiling dari batu. Dengan beliau Rasulullah tak memiliki anak.

6. Hafshah binti Umar.

Yang menikahkan kala itu adalah Umar bin Khattab sendiri. Mahar yang diberikan adalah 400 dirham. Sebelumnya, Hafshah adalah istri dari Khunais bin Hudzafah as-Sahmy. Dengan beliau Rasulullah tak memiliki anak.

7. Ummu Habibah binti Abu Sufyan.

Istri nabi yang memiliki nama asli Ramlah ini menikah dengan Rasulullah saat masih berada di tanah hijrah Habasyah. Yang menjadi walinya saat itu adalah Khalid bin Sa’id bin Ash. Maharnya diberikan Najasyi untuk Rasulullah sebesar 400 dinar. Sebelumnya, Ummu Habibah adalah istri Ubaidillah bin Jahsyin. Dengan beliau Rasulullah tak memiliki anak. Demikian juga dengan istri-istri lainnya.

Baca Juga :  Zainab binti Jahsy: Istri Rasulullah yang Paling ‘Panjang Tangan’

8. Juwairiyah binti Harits.

Sebelum dinikahi, ia adalah masuk tawanan perang. Kabilahnya berasal dari Yahudi. Beliau dinikahi nabi dengan mahar 400 dirham. Sebelum dengan nabi, suaminya bernama Abdullah. Dengan beliau Rasulullah tak memiliki anak.

9. Shafiyah binti Huyay bin Akhtub.

Merupakan wanita anak tokoh Yahudi yang menjadi tawanan di perang Khaibar. Saat menikah, nabi mengadakan walimah. Sebelum dengan nabi, dia adalah istri dari Kinanah bin Rabi’ bin Abi Huqaiq.

Istri yang lain yang pernah dinikahi Rasulullah adalah Maimunah binti Harits dengan mahar 400 dirham yang diberikan untuk Rasulullah oleh Abbas dan Zainab binti Huzaimah yang juga diberi mahar 400 dirham. Itulah istri-istri yang pernah dinikahi dan digauli oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam.

Ketika beliau masih hidup, istri yang meninggal adalah Khadijah dan Zainab binti Khuzaimah. Sedangkan ketika beliau wafat, meinggalkan 9 istri. Sementara itu ada dua istri yang belum pernah digauli kemudian dicerai karena cacat yaitu Asma binti Nu’man dan Amrah binti Yazid yang dicerai akibat perilaku buruk.

Baca Juga :  5 Tips Agar Dicintai Istri Ala Nabi Muhammad

Kontributor: Mahmud Budi Setiawan
Editor: Oki Aryono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.