Jangan Lupa Baca Surah Al Kahfi Ini Faedah dan Keutamaannya
Ilustrasi refleksi cahaya.

Suaramuslim.net – Hari Jumat adalah hari yang terbaik, paling istimewa serta paling mulia di antara hari-hari yang lain. Pada hari itu (hari Jumat), Allah SWT menakdirkan beberapa peristiwa besar serta mengagumkan. Terdapat amalan ibadah yang dikhususkan pada hari Jumat, terutama proses salat Jumat serta sebagian amalan-amalan yang lain. Satu di antara amalan ibadah spesial yang diistimewakan pelaksanaannya pada hari Jumat yaitu membaca surah Al Kahfi.

Tahukah Kamu surah Al Kahfi adalah salah satu surat dalam Al Quran yang terletak di bagian akhir juz 15 dan di awal juz 16. Surah Al Kahfi ini termasuk surah Makiyyah, atau surah yang diturunkan di Kota Makkah. Surah ini berjumlah 110 ayat dan menempati urutan ke 18 dari 114 surat yang ada dalam Al Quran.

Di dalam surah Al Kahfi terdapat kisah 7 orang pemuda beriman dan seekor anjing yang disebutkan sebagai satu-satunya anjing yang masuk surga. Dan dengan kuasa Allah SWT mereka terlelap selama 309 tahun hijriyah atau 300 tahun masehi. Selain kisah tersebut, terdapat pula kisah lain dalam surat ini. Yang semuanya mengandung banyak sekali hikmah dan pelajaran yang berguna bagi kehidupan umat manusia.

Surah Al Kahfi adalah salah satu surat yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat jika dibaca dan diamalkan dengan benar oleh umat Islam. Surat ini dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk dibaca umat pada hari Jumat atau malam Jumat. Sebenarnya tidak harus hari Jumat saja, namun sangat dianjurkan pada hari tersebut. Karena hari Jumat adalah hari yang baik bagi umat Islam di seluruh dunia.

Dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, dari Rasulullah SAW bersabda :

Baca Juga :  Surat Al Isra' dan Al Kahfi Menggema di Monas

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ

Berarti: ”Barangsiapa membaca surat al-Kahfi saat malam Jum’at, jadi dipancarkan sinar untuk dia sejauh pada dianya dia serta Baitul ‘atiq.” (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai serta Al-Hakim dan dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736)

Dalam kisah yang berbeda masih tetap dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu,

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ أَضَآءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ مَا بَيْنَ

Berarti: ”Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, jadi juga akan dipancarkan sinar untuk dia diantara dua Jum’at.” (HR Al-Hakim : 2/368 serta Al-Baihaqi : 3/249. Ibnul Hajar memberi komentar hadis ini dalam Takhrij al-Adzkar, “Hadis hasan”. Beliau menyebutkan kalau hadis ini yaitu hadis paling kuat mengenai surat Al-Kahfi. Syaikh Al-Albani mensahihkannya dalam Shahih al-Jami’, no. 6470).

Dr Muhammad Bakar Isma’il dalam Al-Fiqh al Wadhih min al Kitab wa al Sunnah menjelaskan bahwa membaca surah al kahfi merupakan salah satu amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan pada malam dan hari Jumat. (Al-Fiqhul Wadhih minal Kitab was Sunnah).

Mengapa membaca surah Al Kahfi dianjurkan bagi setiap muslim? Dan apa sajakah faedah serta keutamaan yang didapatkan apabila membaca surah Al Kahfi?

  1. Allah ampuni dosanya

Pada hakikatnya manusia pasti memiliki dosa dan khilaf baik yang disadari maupun tidak disadari. Tetapi setan akan berusaha dengan sekuat-kuatnya, dengan berbagai macam cara untuk memperdaya dan menjerumuskan manusia dalam perbuatan dosa sehingga manusia bisa menjadi teman mereka di neraka kelak. Naudzubillah..! Namun ketauhilah sebaik-baiknya manusia adalah ia  yang mau bertobat, mengerjakan amalan yang salih. Salah satunya adalah dengan selalu membaca surah Al Kahfi minimal pada hari Jumat.

Baca Juga :  Dahsyatnya Surat Al Kahfi di Hari Jumat

Diriwayatkan Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah bersabda, Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.”

  1. Terhindar dari fitnah Dajjal

Nabi Muhammad Saw bersabda:

“Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari jum’at, maka dajjal tidak bisa memudharatkannya.” (HR.Dailami)

Pada akhir zaman akan datang sosok makluk yang sangat kejam. Dialah Dajjal, makhluk yang sangat buruk dan memiliki satu mata di dahinya. Dajjal memiliki kulit berwarna merah dan berbadan besar. Dajjal selama hidupnya selalu melakukan kekacauan dan kerusakan di muka bumi. Dia terus menyebarkan fitnah agar umat manusia jauh dari jalan Allah SWT dan menjadi pengikutnya, maka sebagai sesama muslim harus saling mengingatkan perihal Dajjal ini.

  1. Setan takut pada rumah yang dibacakan surah Al Kahfi

Dari Ibnu Mardawaih dari Abdullah Bin Mughaffal disebutkan bahwa rumah yang dibacakan surah al Kahfi dan al Baqarah tidak akan dimasuki setan sepanjang malam itu. Maka tunggu apalagi niatkanlah dan lakukan amalan ini setiap hari agar terhindar dari setan yang durjana. Sunah membaca Al Kahfi pada malam Jumat atau pada hari Jumatnya, dan malam Jumat diawali sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis. Kesempatan ini berakhir sampai terbenamnya matahari pada hari Jumatnya.

  1. Disinari oleh dua cahaya kebaikan
Baca Juga :  Mengulang Ayat Agar Makna Al Quran Terikat Kuat

Umat muslim dan muslimah yang membaca surah Al Kahfi baik di hari Jumat atau hari yang lain akan diberikan pahala dan ganjaran, serta akan disinari oleh cahaya kebaikan dan diberkahi dengan syafaat di hari pembalasan. Cahaya tersebut akan diberikan Allah SWT di hari kiamat dan cahaya tersebut akan memancar dari kedua telapak kakinya sampai ke langit.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat Al Hadid ayat 12 yang berbunyi

يَوْمَ تَرَى الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ يَسْعَى نُورُهُمْ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ

“Pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka.” (QS Al-Hadid: 12)

Sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Sa’id al-Khudri Juga menyebutkan bahwa dari Rasullulah SAW bersabda:

 “Barangsiapa membaca surat alKahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘atiq.” (Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim serta dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736)

  1. Mendapatkan rida dari Allah SWT

Rasullullah SAW bersabda:“Siapa yang membaca surat Al Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad)

Inilah kenikmatan yang tiada bandingannya, setiap umat muslim di dunia ini pasti mengharapkan keberkahan dan rahmat dari Allah SWT dalam hidupnya. Dengan mendapatkan berkat, rida dan rahmat Allah maka hidup manusia akan semakin tenteram dan damai. Bagaimana tidak, seluruh alam semesta ini adalah miliknya, dan jika Allah telah rida apapun hajatnya pasti Allah kabulkan.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.