Infografis alur haji yang di keluarkan oleh Kemenag melalui akun resminya, foto: Kemenag

JAKARTA (Suaramuslim.net) – Kementerian Agama (Kemenag) RI menginformasikan skema perjalanan haji 2019 secara runtut kepada calon jemaaah haji sebagai bekal pegangan selama proses perjalanan berlangsung. Perjalanan calon jemaah haji mulai 6 Juli hingga 16 September 2019.

“Petugas haji melayani jemaah secara full meliputi penyediaan akomodasi yang nyaman, transportasi darat dan udara sesuai standar keselamatan, makanan selera nusantara,” ujar Kemenag seperti keterangan tertulis yang diterima SMNET, Selasa (12/2/2019).

-Advertisement-

“Fasilitas lain untuk jemaah calon haji yakni mendapatkan perlindungan jemaah yang melibatkan petugas TNI/Polri, dan covering kesehatan sejak jelang sampai pelaksanaan dan kepulangan jemaah,” tambahnya.

Namun, untuk jumlah total dari keseluruhan jemaah calon haji yang akan diberangkatkan, pihak Kemenag masih menunggu pengumuman kuota haji 2019 secara resmi melalui Keputusan Menteri Agama. Setelah itu, rencananya jemaah calon haji akan diberangkatkan dalam dua gelombang.

Gelombang pertama rencananya diberangkatkan dari Indonesia ke Madinah pada 7 Juli 2019. Selanjutnya, akan diantar ke Mekkah pada 16 Juli 2019. Sementara, untuk gelombang II rencananya akan diberangkatkan dari Indonesia ke Madinah pada 20 Juli 2019. Kemudian, jemaah akan diantar ke Mekkah pada 28 Juli 2019.

Baca Juga :  Kemenag Salurkan Bantuan 1,6 M Untuk Korban Banjir Sentani

Pada saat hari Tarwiyah, jemaah haji nantinya melakukan persiapan jelang berangkat ke Arafah pada 9 Agustus 2019. Kemudian, dilanjut dengan perjalanan wukuf di Arafah pada 10 Agustus 2019, melaksanakan ibadah shalat Idul Adha di Masjidil Haram pada 11 Agustus 2019.

Selanjutnya, pada 12-14 Agustus 2019, jemaah haji melakukan serangkaian kegiatan di Mina, seperti Nafar Awal, dan Nafar Tsani.

“Selama tasyrik, jemaah berada di Mina untuk lempar jumrah (ula, wustha, aqabah). Kalau yang mengambil Nafar Awal, mereka bisa menyelesaikan prosesi tahallul dan thawaf ifadah,” ujarnya.

Setelah melaksanakan serangkaian acara, jemaah haji akan dipulangkan ke Tanah Air. Untuk gelombang I rencana pengantaran jemaah ke Madinah pada 20 Agustus 2019 yang nantinya dipulangkan pada 29 Agustus 2019. Untuk gelombang II, rencana pengantaran jemaah ke Madinah pada 6 September 2019, yang nantinya dipulangkan ke tanah air pada 15 September 2019.

Reporter: Teguh Imami
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.