KH Hasan Mutawakkil Alallah : Santri Harus Mandiri

KH Hasan Mutawakkil Alallah : Santri Harus Mandiri

kiai hasan
KH Hasan Mutawakkil Alallah dalam puncak peringatan Hari Santri PWNU Jatim di Masjid Al Akbar Surabaya (Dok Suara Muslim)

SURABAYA (suaramuslim.net) – Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur KH Hasan Mutawakkil Alallah dalam pembukaan puncak peringatan hari santri di halaman timur Masjid Al Akbar Surabaya pada Ahad (22/10) mengatakan pentingnya kemandirian santri.

“Kemandirian santri adalah kunci penting untuk NKRI yang lebih hebat sebagaimana tema dari peringatan hari santri tahun ini ‘Santri Mandiri NKRI Hebat’ , santri yang sudah lulus dari Pesantren tidak cukup hanya memiliki akhlakul karimah tapi juga harus bisa memberi manfaat kepada masyarakat luas, kuncinya ada di kemandirian santri sebab tidak ada yang lebih utama ketimbang iman kepada Allah dan memberi manfaat kepada yang lain” kata KH Hasan Mutawakkil Alallah.

Peringatan puncak Hari Santri di Masjid Al Akbar Surabaya (Dok Suara Muslim)

Dalam acara yang dihadiri oleh ribuan Nahdliyyin dari seluruh Jawa Timur itu, KH Hasan Mutawakkil Alallah juga menyampaikan dalam peringatan Hari Santri tahun ini ada 5 hal yang berusaha ditingkatkan.

“Di Hari Santri ini pertama kita ingin meningkatkan cinta dan bela negara dengan mengadakan apel hari santri serentak se-Jawa Timur oleh 44 PCNU se Jawa Timur. Lalu meningkatkan spiritualitas dengan membaca 1 milyar shalawat nariyah serentak se Jawa Timur. Kemudian meningkatkan kecintaan pada Ulama dengan napak tilas dimulai makam muassis NU di Jombang dan finish di Surabaya. Lalu meningkatkan peran seni budaya santri dengan pentas seni budaya oleh LESBUMI dan terakhir meningkatkan intelektualitas santri dengan lomba karya ilmiah tentang ulama dan santri, bedah buku dan seminar tentang kebangkitan ekonomi santri yang akan diadakan bulan depan” terang KH Hasan Mutawakkil Alallah.

Malam puncak peringatan Hari Santri oleh PWNU Jawa Timur juga dihadiri oleh Rois Aam PBNU KH Ma’ruf Amin, Wakil Rois Am PBNU KH Miftakhul Akhyar, Wakil Gubernur Jawa Timur, Pangdam V Brawijaya, Kapolda Jawa Timur dan para Kiai dari seluruh Jawa Timur.

Reporter : Ahmad Jilul Qur’ani Farid

Editor : Muhammad Nashir

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

Wakaf

10.000 Al-Quran

Persembahkan Pahala Amal Jariyahnya untuk Orang Tua dan Keluarga Tercinta.