Lidah putih pada bayi. Foto: id.theasianparent.com

Suaramuslim.net – Biasanya setelah si kecil minum susu, terdapat bercak putih di lidahnya yang menetap dan tak kunjung hilang? Bunda perlu waspada, karena bisa jadi lidah putih pada bayi ini disebabkan oleh infeksi jamur.

Memang normal ketika si kecil menyusu dan tertinggal bercak putih di lidahnya. Namun, jika bercak itu tak juga hilang setelah beberapa kali bunda usap dengan jari atau kain basah, kemungkinan besar itu adalah infeksi jamur lidah.

Penyebab lidah putih pada bayi?

Ada dua penyebab utama lidah putih pada bayi. Pertama karena sisa ASI yang membentuk lapisan tipis berwarna putih. Kedua, karena adanya selaput infeksi jamur. Untuk membedakan keduanya, bunda bisa mencoba membersihkan lidah dengan sikat gigi khusus bayi. Jika meninggalkan bekas berwarna merah meradang, maka ini merupakan tanda infeksi jamur bernama Candida albicans.

Jamur Candida albicans merupakan jamur yang memang ada di rongga mulut dan tidak menyebabkan masalah. Namun jika pertumbuhannya terlalu cepat dapat menginfeksi selaput dalam mulut dan menyebabkan lidah bayi putih.

Pada bayi, infeksi lidah putih ini lebih sering terjadi karena daya tahan masih lemah. Bayi prematur juga berisiko tinggi mengalami infeksi lidah putih. Selain karena daya tahan tubuh lemah, infeksi lidah putih juga dapat disebabkan oleh penggunaan antibiotik. Antibiotik akan membunuh bakteri baik yang ada di mulut si kecil. Bahkan ibu yang sedang menjalani pengobatan dengan antibiotik juga dapat menyebabkan terhambatnya pertumbuhan bakteri di mulut bayi.

Kondisi ini sebenarnya bukan hal yang berbahaya bagi si kecil. Hanya saja mungkin si kecil merasa kurang enak badan sehingga enggan menyusu dan rewel (Sumber: doktersehat.com).

Mencegah dan mengobati lidah putih pada bayi

  • Bersihkan dan sterilkan semua peralatan yang digunakan untuk menyusui, termasuk botol susu.
  • Bersihkan dan sterilkan mainan yang sering digunakan si kecil.
  • Pastikan untuk merawat puting payudara, terutama jika payudara bunda sedang mengalami infeksi jamur.
  • Bersihkan lidah dan mulut si kecil dengan kasa atau lap bersih setelah selesai menyusui.

Jika cara-cara di atas sudah dilakukan namun lidah si kecil tetap putih, Bunda sebaiknya membawanya ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan. Jika lidah putih pada bayi disebabkan oleh infeksi jamur, dokter akan memberikan obat anti jamur.

Ada dua pilihan obat anti jamur yang mungkin akan diberikan dokter, yaitu:

  • Miconazole. Obat anti jamur ini sering menjadi pilihan untuk mengatasi lidah putih, dan sediaan yang diberikan biasanya dalam bentuk gel. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan obat ini pada mulut dan lidah bayi yang berwarna putih, menggunakan jari yang bersih.
  • Nystatin. Obat ini memiliki sediaan dalam bentuk tetes, sehingga lebih mudah diberikan kepada bayi. Obat ini bisa diberikan jika obat miconazole tidak cocok untuk bayi.

Selain itu, bunda juga bisa memberikan yoghurt yang mengandung bakteri baik, untuk membantu mengatasi lidah putih pada bayi akibat infeksi jamur.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.