Manfaat Mempererat Hubungan Ayah dan Anak

Manfaat Mempererat Hubungan Ayah dan Anak

Seorang ayah dan anak laki-laki. Foto: Pixabay.com

Suaramuslim.net – Untuk tumbuh kembang anak yang optimal, peran kedua orang tua tentu sangat dibutuhkan. Karena itulah, bukan hanya bunda yang harus membangun ikatan erat dengan si kecil, ayah pun harus memiliki kedekatan dengan si kecil. Tapi, ternyata manfaat kedekatan yang erat antara ayah dengan si kecil tak hanya bermanfaat untuk si kecil saja, lho.

Neuroscience menunjukkan bahwa usaha seorang ayah untuk mempererat hubungan dengan anaknya tidak hanya bermanfaat bagi sang bayi, tapi juga bagi dirinya sendiri.

Sebuah artikel di telegraph.co.uk menyebut tumbuh kembang anak termasuk kecerdasan, percaya diri dan perilaku baik bisa muncul karena peran sosok ayah. Ternyata bukan hanya ibu yang memegang peranan penting dalam tumbuh kembang anak. Sosok ayah dipercaya mampu mendukung kebahagiaan seorang anak. 

Ayah merupakan sosok penting yang dibutuhkan setiap anak. Selain mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, seorang ayah juga harus bisa menjadi panutan yang baik bagi anak-anaknya. Ayah diharapkan bisa membentuk karakter yang baik pada anak laki-lakinya, sekaligus bisa menjadi sosok laki-laki baik yang dikenal oleh anak perempuannya.

Kedekatan antara ayah dan anak sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Beberapa manfaat yang bisa didapat adalah:

1. Meningkatkan kecerdasan anak

Anak yang dekat dengan orang tuanya, terutama ayah, cenderung lebih cerdas dan memiliki nilai yang bagus di sekolahnya. Kasih sayang yang diberikan ayah dapat menciptakan rasa tenang dan aman pada anak, sehingga ia dapat lebih fokus dan semangat belajar di sekolah. Motivasi belajar inilah yang akan membantu dalam meningkatkan kecerdasan anak.

2. Anak menjadi lebih mudah bersosialisasi

Hubungan yang terjalin baik antara ayah dan anak perempuannya dapat membuat anak menjadi lebih mudah dalam bersosialisasi dengan orang lain.

Psikolog pun membuktikan bahwa para anak perempuan yang memiliki hubungan baik dengan ayahnya akan memiliki kemampuan menjalin hubungan dengan orang lain. Bahkan cenderung lebih bisa menjaga relasi dengan orang sekitarnya dengan lebih baik.

3. Anak dapat berpikir lebih logis

Alasan lainnya mengapa hubungan ayah dengan anak perempuan begitu penting adalah ayah dapat “menyeimbangkan” perasaan anak perempuannya dengan lebih baik.

Jika bunda lebih menggunakan perasaan dalam mendidik anak, maka ayah akan menanamkan “sifat laki-lakinya” kepada anak perempuan dengan mengajarkannya untuk bersikap peduli, mengontrol emosi, dan berpikir secara logis dalam mengatasi permasalahan yang ada.

4. Melatih emosi anak lebih stabil dan terhindarkan dari perilaku negatif

Anak yang mendapat cukup perhatian dari sang ayah cenderung memiliki kondisi emosional yang stabil, merasa aman, dan berani mengeksplorasi lingkungan sekitar.

Bahkan, sebuah penelitian membuktikan bahwa keterlibatan ayah dalam mendidik anak laki-laki dapat menjauhkannya dari perilaku negatif. Anak laki-laki akan menjadikan ayahnya sebagai panutan dalam membentuk identitas karakter sebagai laki-laki.

5. Mencegah terjadinya gangguan mental

Campur tangan ayah dalam tumbuh kembang anak bisa membuatnya terhindar dari gangguan mental pada masa mendatang dan mencegah pubertas dini, khususnya bagi anak perempuan. Pujian dari ayah pada anak perempuan dapat membentuknya menjadi wanita dewasa yang penuh percaya diri.

Selain itu, dalam sebuah studi juga membuktikan bahwa ikatan yang kuat antara ayah dan anak mampu membuat anak lebih mahir dalam mengendalikan stres saat ia sudah dewasa dibandingkan dengan anak yang memiliki hubungan tidak baik dengan ayahnya.

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment