Negara negara yang Mendukung Amerika Berikan Yerusalem ke Israel
Hasil sidang pemungutan suara (Foto: Moslemtoday)

Jakarta (Suaramuslim.net) – Hari Kamis (21/12) Majelis umum PBB telah selesai melakukan pemungutan suara sebagai tindak lanjut dari kebijakan veto yang dilakukan Amerika serikat. Sebanyak 128 negara mendukung resolusi PBB dan sembilan negara menolak dan memilih berpihak kepada kebijakan Donald Trump. Adapun Negara-negara yang mendukung Trump tersebut adalah:

1. Guatemala

Republik Guatemala adalah sebuah negara yang bentuk pemerintahannya adalah republik presidensial. Guatemala berada di Amerika Tengah yang berbatasan dengan Samudra Pasifik dan Laut Karibia. Guetamala adalah salah satu negara yang mendukung kebijakan Trump di sidang PBB.

2. Kepulauan Marshall 

Kepulauan Marshall adalah sebuah negara maritim yang sebagian besar wilayahnya berupa perairan. Kepulauan ini terletak di antara Hawaii dan Australia, Kepulauan Marshall terletak di sebelah utara Nauru dan Kiribati, sebelah timur Negara Federasi Mikronesia, dan sebelah selatan Pulau Wake.

3. Micronesia

Negara Micronesia adalah gugus kepulauan yang terdiri dari pulau-pulau yang berukuran sangat kecil di Samudra Pasifik bagian barat, namun Hawaii tidak termasuk. Berbatasan dengan Filipina terletak di sebelah barat, Indonesia di barat daya, Papua Nugini dan Melanesia di selatan, dan Polinesia di tenggara dan timur.

4. Republik Honduras

Baca Juga :  MUI Kutuk Pemindahan Kedubes AS Ke Yerusalem

Republik Honduras adalah negara penghasil pisang terbesar di dunia sehingga dijuluki sebagai “Republik Pisang”. Di samping kopi, yang termasuk hasil pertanian utama secara resmi negara ini diklasifikasikan sebagai negara dengan penghasilan menengah ke bawah. Terletak di ekor daerah Amerika Tengah, negara ini bertetangga dengan Guatemala di sebelah barat, El Salvador di selatan, dan Nikaragua di timur.

8. Togo

Republik Togo adalah sebuah negara di Afrika Barat, berbatasan dengan Ghana di barat, Benin di timur dan Burkina Faso di utara. Di sebelah selatan, Togo mempunyai pesisir Teluk Guinea yang kecil, di mana ibu kota Togo, Lomé berada.

6. Nauru

Nauru adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Samudra Pasifik bagian selatan, 42 kilometer bawah garis khatulistiwa dan di sebelah selatan Kepulauan Marshall. Jarak dari Pulau Papua ke Nauru kira-kira sebanding dengan jarak dari Pulau Papua ke Pulau Jawa. Pulau Nauru dikelilingi oleh terumbu karang yang dapat dilihat saat surut.

7. Palau

Palau adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik, 200 km sebelah utara wilayah provinsi Papua Barat, 255 km sebelah timur wilayah provinsi Maluku Utara, 500 km sebelah timur wilayah provinsi Sulawesi Utaradan 500 km sebelah timur negara Filipina. Negara ini merdeka pada tahun 1994 dari Wilayah Perwalian Kepulauan Pasifik yang diperintah Amerika Serikat. Palau terdiri dari 8 pulau utama dan sedikitnya 250 pulau kecil.

Baca Juga :  Indonesia: Semua Negara Harus Menentang Perampasan Palestina oleh Israel

8. Amerika Serikat

Amerika Serikat, disingkat dengan AS atau secara umum dikenal dengan Amerika saja, adalah sebuah negara republik konstitusional federal yang terdiri dari lima puluh negara bagian dan sebuah distrik federal.

9. Israel

Israel adalah sebuah negara di Timur Tengah yang dikelilingi Laut Tengah, Lebanon, Suriah, Yordania, Mesir dan gurun pasir Sinai. Selain itu dikelilingi pula dua daerah Otoritas Nasional Palestina: Jalur Gaza dan Tepi Barat. Dengan populasi sebesar 7,5 juta jiwa, Israel merupakan satu-satunya negara Yahudidi dunia. Selain itu, terdapat pula beberapa kelompok etnis minoritas lainnya, meliputi etnis Arab yang berkewarganegaraan Israel, beserta kelompok-kelompok keagamaan lainnya seperti Muslim, Kristen, Druze, Samaria, dan lain-lain.

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

1 COMMENT

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.