Nomor Urut Pilpres: Jokowi-Ma’ruf 1, Prabowo-Sandiaga 2

Nomor Urut Pilpres: Jokowi-Ma’ruf 1, Prabowo-Sandiaga 2

ICMI Berharap Kesuksesan Pilkada Serentak Terulang di Pilpres
Setelah pengundian nomor Urut Pilpres, Jokowi-Ma'ruf 01 dan Prabowo-Sandiaga 02 (Foto: ANTARA)

JAKARTA (Suaramuslim.net) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat resmi mengumumkan hasil pengundian nomor urut peserta Pemilihan Presiden di pilpres 2019 pada Jum’at (21/9) malam di gedung KPU.

Pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin mendapatkan nomor urut 1, sedangkan Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh nomor urut 2 dalam Pemilihan Presiden 2019.

Sebagaiamana yang dilansir dari kantor berita ANTARA, pengundian nomor urut tersebut dilakukan di Gedung Komisi Pemilihan Umum, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Jumat malam (21/9).

Pengundian dilakukan dalam dua tahap. Pertama Cawapres mengambil nomor giliran pengambilan nomor urut pasangan capres di kotak yang berisi angka satu hingga sepuluh. Kedua, peserta pilpres yang memperoleh nomor giliran lebih kecil mengambil nomor urut pasangan calon lebih dulu.

Pada tahap pertama Sandiaga mendapat nomor 1 dan Ma’ruf mendapat nomor 10, sehingga Capres Prabowo berhak mengambil nomor urut lebih dulu dibanding Jokowi.

Setelah Prabowo dan Jokowi mengambil nomor urut peserta pilpres, keduanya secara bersamaan membukanya. Jokowi mendapat nomor urut 1 sedangkan Prabowo nomor urut 2.

Rapat pleno pengundian dan penetapan nomor urut calon Presiden dan Wakil Presiden Pilpres 2019 ini dipimpin oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Arief Budiman dan Komisioner KPU lainnya. Pengundian dimulai pada pukul 20.20 WIB.

Dalam penetapan nomor urut Capres-Cawapres di Gedung KPU ini juga hadiri oleh para ketua umum partai politik pendukung kedua pasalan calon.

Respon Kedua Belah Pihak

Sekretaris PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto berpandangan nomor urut satu yang diperoleh pasangan capres-cawapres Joko Widodo dan Ma`ruf Amin pada pemilihan presiden 2019, sarat dengan pesan sejarah untuk menjaga keutuhan NKRI.

“PDI Perjuangan menyambut gembira, Pak Jokowi dan Pak Ma`ruf mendapat nomor urut satu, nomor yang sarat dengan pesan sejarah,” kata Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, di Jakarta, sebagaimana yang dilansir Antaranews, Sabtu (22/9)

sementara itu, Juru Kampanye Nasional pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, Ferry Mursyidan Baldan, menilai nomor urut dua yang diraih Prabowo-Sandiaga merupakan bagian dari takdir dan tanda kemenangan.

“Ini simbol ya kan, memaknainya 2014 kali pertama Pak Prabowo menjadi capres belum takdir. Dengan angka kedua ini insyaallah kedua kali akan sampai takdirnya untuk terpilih,” ujar Ferry usai menghadiri pengundian dan penetapan nomor urut calon Presiden dan Wakil Presiden Pilpres 2019 di Gedung KPU Jakarta, Jumat malam (21/9)

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Teguh Imami

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

newsletter-suaramuslim

Suara Muslim Newsletter

Informasi Terbaru di Inbox Anda

Kabar terkini dan penawaran menarik dari Suara Muslim. Newsletter dikirim via email. Ayo berlangganan, gratis!