Parlemen Asia Pasifik Intensifkan Perjuangan Kemerdekaan Palestina
Parlemen Asia Pasifik Intensifkan Perjuangan Kemerdekaan Palestina (Foto: Ina News Agency)

INSTANBUL (Suaramuslim.net) – Kaukus Parlemen Asia Pasifik soal Palestina menggelar pertemuan perdana di Istanbul Turki untuk mengintensifkan perjuangan kemerdekaan bagi Palestina.

Forum yang dipimpin langsung oleh anggota DPR RI Rofi’ Munawar ini digelar di tengah-tengah perhelatan Konferensi Parlemen untuk Baitul Maqdis di Turki pada 15-16 Desember 2018.

“Pertemuan ini sepakat untuk menggelar musyawarah lanjutan kaukus parlemen Asia Pasifik guna meningkatkan isu perjuangan Palestina secara internasional,” rilis Kaukus Parlemen Asia Pasifik kepada INA News Agency, Sabtu (15/12).

Forum Palestina, yang dihadiri sekitar 50 anggota parlemen, ketua, dan wakil ketua parlemen di Asia Pasifik ini, juga berjanji membentuk kaukus parlemen guna mendukung Palestina dalam segala tingkatan.

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menegaskan DPR RI selalu konsisten dalam menyuarakan isu Palestina di berbagai forum internasional. Fadli menegaskan kemerdekaan rakyat Palestina bahkan menjadi isu utama dalam agenda diplomasi parlemen Indonesia.

“Isu Palestina selalu mendapatkan perhatian penting masyarakat Indonesia. Kehadiran saya, dan sejumlah anggota DPR RI dalam konferensi ini merupakan bentuk dukungan bagi rakyat Palestina, mewakili rakyat Indonesia,” ungkap Fadli dalam keterangan tertulisnya di sela-sela konferensi.

Baca Juga :  Kapal Kemanusiaan Untuk Palestina Diberangkatkan dari Surabaya

Kelompok Palestina di Malaysia menilai pertemuan lintas parlemen di Asia Pasifik ini merupakan titik awal kerja sama di kawasan dalam mendukung perjuangan bangsa Palestina.

Ketua Palestinian Cultural Organization of Malaysia (PCOM) Muslim Imran mengapresiasi langkah anggota parlemen Asia Pasifik yang berjanji membentuk kaukus Palestina di parlemen masing-masing.

Menurut Muslim, hal ini akan mempermudah langkah nyata anggota parlemen untuk mendukung pembebasan bangsa Palestina.

“Kami sangat menghargai komitmen yang ditunjukkan oleh para peserta dan berharap dapat melihat segera hasil dari pekerjaan mereka,” kata Muslim.


Reporter: Ali Hasibuan/INA News Agency

Editor: Muhammad Nashir

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.