Pasca Pemilu, Erdogan Akan Tinjau Kembali Hubungan Dagang Turki-Israel

Pasca Pemilu, Erdogan Akan Tinjau Kembali Hubungan Dagang Turki-Israel

Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan (foto: palestinow)

ANKARA (Suaramuslim.net) – Pasca keputusan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) untuk memberlakukan embargo terhadap produk Israel, Turki juga akan meninjau hubungan ekonominya dengan Israel pasca pemilihan umum 24 Juni mendatang.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan dalam kunjungan luar negerinya ke Sarajevo pada Ahad (20/5) kepada para awak media mengatakan akan mengambil langkah sesuai keputusan OKI tersebut.

“Turki akan mengevaluasi hubungan dengan Israel, terutama terkait ekonomi dan perdagangan. Namun kami masih ada pemilu dalam waktu dekat, kami akan mengambil keputusan segera setelah pemilu” kata Erdogan dilansir dari Huriyyet Daily News.

Sementara menurut data dari lembaga statistik Turki menunjukkan bahwa volume perdagangan antara Turki dan Israel mencapai 4,9 miliar dollar AS pada tahun 2017. Turki mengimpor plastik dan minyak mineral di antara barang-barang lainnya dari Israel. Sementara Israel adalah pasar ke-10 terbesar untuk ekspor Turki pada 2017, Israel membeli sekitar 3,4 miliar dolar AS komoditas dari Turki.

Penulis & Penerjemah: Ahmad Jilul Qur’ani Farid
Editor: Muhammad Nashir

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

Wakaf

10.000 Al-Quran

Persembahkan Pahala Amal Jariyahnya untuk Orang Tua dan Keluarga Tercinta.