Perkembangan Ekonomi Digital Diharapkan Berdampak pada Peningkatan Kualitas SDM
Vice President Ruangguru Ritchie Goenawan selaku narasumber dalam diskusi media FMB9 bertajuk “Pemerataan Ekonomi Digital”, Kamis (31/10) (Foto: FMB9)

JAKARTA (Suaramuslim.net) – Vice President Ruangguru Ritchie Goenawan selaku narasumber dalam diskusi media FMB9 bertajuk “Pemerataan Ekonomi Digital”, Kamis (31/10), di Kemkominfo mengatakan, pihaknya saat ini berinovasi di bidang pendidikan dengan menggunakan infrastruktur digital yang ada untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia.

Ricthie mengatakan, saat ini Indonesia memiliki sistem pendidikan terbesar ke-4 di dunia. Persoalannya, dalam hal kinerja, sambung dia, angkanya tergolong yang paling rendah atau berada di urutan ke-64 dalam Liga Pendidikan Global.

“Lantaran itulah, kita melihat perlunya berkontribusi untuk mempercepat akses pendidikan,” katanya.

Melalui bimbel online yang disediakan Ruangguru, Ritchie menjelaskan, siswa dapat mengakses konten dan tutor pendidikan berkualitas di mana saja, kapan saja.

“Sehingga yang terjadi adalah revolusi pembelajaran, konten berkualitas dengan ratusan ribu materi pembelajaran. Dengan itu, 96 persen siswa menganggap Ruangguru lebih efektif dan menarik,” tuturnya.

Peningkatan akses pendidikan dengan kualitas yang merata, diyakini Ritchie memiliki manfaat besar bagi peningkatan kualitas hidup SDM Indonesia. Terlebih, dia memaparkan, keterdidikan hingga level sekolah lanjutan mengakibatkan adanya peningkatan pendapatan hingga lebih dari 55 persen dibandingkan yang tidak.

Baca Juga :  Kemkominfo Identifikasi 1.224 Hoaks Sejak Agustus 2018

“Lulusan SMA bergender laki-laki bisa memperoleh pendapatan USD202 per bulan, sementara perempuan lulusan SMA USD143 per bulan. Sedangkan untuk lelaki yang tidak lulus SMA hanya USD91 per bulan dan perempuannya hanya USD53 per bulan,” katanya.

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.