Ilustrasi muslimah berhijab. Ils: suaramuslim.net

Suaramuslim.net – Setiap orang memiliki karakter tampilan dengan bentuk wajah yang berbeda-beda. Bagi para hijabers, hal ini akan sangat memengaruhi model hijab yang cocok untuk digunakan sehari-hari, termasuk dalam memilih model dan bentuk ciput.

Ciput menjadi salah satu pelengkap hijab yang hampir tak pernah lupa dipakai oleh para hijaber. Ya, selain mempermudah kreasi hijabmu, ciput juga bisa dijadikan aksesori untuk menyiasati model hijab berdasarkan bentuk wajah. Dari wajah oval hingga bulat, berikut ini cara memilih dan memakai yang tepat, sesuai bentuk wajah kamu:

1. Ciput untuk wajah bulat atau pipi chubby

Foto: viva.co.id

Untuk kamu yang memiliki wajah bulat, jenis ciput yang dapat kamu gunakan adalah ciput ninja anti tembem. Ciput model ini memiliki pola muncung yang lebih panjang sehingga dalam menutupi sebagian pipi yang membuat kamu terlihat bulat.

Sebaliknya, kamu sangat tidak disarankan untuk memakai ciput dengan pet, apalagi yang pet-nya tipis dan pendek. Ciput seperti ini malah dapat membuat kamu terlihat semakin bulat.

2. Ciput untuk wajah oval

Foto: review.bukalapak.com

Para pemilik wajah oval seharusnya dapat lebih santai dalam memilih model ciput yang sesuai. Pasalnya, hampir semua model ciput akan menyesuaikan bentuk wajah untuk dapat terlihat oval.

Nah, dengan kata lain, kamu dapat memilih hampir semua model ciput untuk wajah kamu. Yang terpenting, sesuaikan posisinya agar tidak terlalu maju atau terlalu mundur. Selanjutnya, kamu tinggal mencari ciput apa yang paling nyaman dan sesuai dengan tipe model hijab kamu.

3. Ciput untuk wajah persegi

Foto: today.line.me

Wajah persegi atau kotak memiliki sisi wajah yang tajam dan keras di bagian rahang serta dagu. Bagian wajah ini harus disiasati dengan menyamarkannya menjadi terlihat lebih tirus dan memanjang. 

Sama halnya dengan bentuk wajah bulat, kamu bisa menggunakan inner anti tembem yang menutup ke bagian pipi. Selain itu kamu juga bisa memilih model inner turban atau ciput menyilang yang akan membuat wajah tampak lebih panjang dan tirus.

4. Ciput untuk wajah segitiga

Foto: umma.id

Bentuk wajah segitiga atau hati dengan ciri khas runcing alias dahi lebar dan tirus pada bagian dagu cocok mengenakan ciput bandana. Bahannya pun bebas pilih, ada yang rajut atau spandek elastis. 

Ukurannya juga berbeda-beda, ada yang sedang atau bahkan lebarnya hingga ubun-ubun kepala.

5. Ciput untuk wajah lonjong

Foto: popbela.com

Ingat dengan ciput poni Risty Tagor? Nah jenis ciput poni memang cocok untuk bentuk wajah lonjong, potongan pada bagian dahi yang miring mengimbangi area dahi dan dagu. Bahkan wajah lonjong juga cocok menggunakan ciput turban yang sama-sama memberi ilusi dahi lebih kecil.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.