Jemaah Haji sudah pulang ke Indonesia (Foto: Wajib Baca)

Surabaya (Suaramuslim.net) – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya menyelesaikan kepulangan haji, setelah jemaah asal Kota Surabaya dan beberapa kota lainnya seperti Madiun, Nganjuk, Mojokerto, yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 83 tiba di Asrama Haji Surabaya, Selasa petang jam 18.00.

“Kloter 83 adalah kloter terakhir Debarkasi Surabaya. Dengan begitu PPIH Debarkasi Surabaya telah merampungkan kepulangan jemaah haji,” ujar Bendahara PPIH Debarkasi Surabaya Sugiyono kepada Suaramuslimdotnet, Rabu (26/9).

Dia merinci seluruh jemaah dari kloter 1 hingga 83 dari Debarkasi Surabaya yang sudah tiba di tanah air berjumlah 36.973 orang, terdiri dari 36.558 jemaah haji dan 415 petugas haji.

Sugiyono mengungkapkan jemaah haji dari Debarkasi Surabaya yang meninggal dunia pada penyelenggaraan haji tahun ini sebanyak 68 orang.

“Jemaah yang meninggal di Tanah Suci terbanyak berasal dari Provinsi Jawa Timur, yaitu 61 orang,” katanya.

Sugiyono menandaskan, empat jamaah haji lainnya yang meninggal dunia di Tanah Suci berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Timur dan seorang dari Bali.

Baca Juga :  Mediasi Uighur Deadlock, GUIB Jatim: Kami Akan Bikin Aksi Besar di Konjen RRT Surabaya

“Selain itu dua jemaah meninggal dunia di ambulans saat perjalanan dari Bandara Interanasional Surabaya di Juanda, Sidoarjo, menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya,” katanya.

Sugiyono menambahkan, selama musim haji 2018, jemaah dari Debarkasi Surabaya yang sakit di Arab Saudi sebanyak 25 orang.

“Dari sebanyak 25 jemaah yang sakit di selama penyelenggaraan haji di Tanah Suci itu, lima orang di antaranya meninggal dunia,” pungkasnya.

Reporter: Teguh Imami
Editor: Ali Hasibuan

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.