Serangan Iklan Rokok Di Sekolah Kian Masif

Serangan Iklan Rokok Di Sekolah Kian Masif

Iklan Rokok di sekitar lingkungan sekolah (sumber: kompak.co)

SURABAYA (suaramuslim.net) – Serangan Iklan Rokok di Surabaya sudah mengkhawatirkan, tidak hanya di jalan utama berupa reklame namun juga gencar di sekitar Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah.

Hal ini disampaikan oleh Hario Megatsari Dosen Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Fakultas Kesehatan Masyarakat Unair Surabaya, dalam Seminar yang diadakan Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen (YLPK) Jawa Timur dengan tema Cengekeraman Iklan Rokok di kota Pahlawan pada Selasa (3/10).

Hario mengatakan kurang dari 10 meter dari pintu masuk Sekolah Dasar ataupun Sekolah Menengah Pertama, siswa sudah terpapar iklan rokok seperti poster, stiker dan spanduk.

“Akibat gencarnya iklan rokok itu bisa berpotensi memicu siswa mencoba untuk merokok, hal tersebut menunjukkan penerapan Perda No 5 Tahun 2008 tentang Iklan Rokok tidak berjalan semestinya dan angka rokok pemula kian bertambah” kata Hario.

YLPK Jawa Timur telah berusaha melakukan advokasi ke Pemerintah Kota Surabaya namun belum mendapatkan tanggapan. Ke depan YLPK Jawa Timur akan menggandeng biro iklan agar tak mengiklankan iklan rokok di sekitar sekolah.

Reporter : Adha Nia
Editor : Muhammad Nashir

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on whatsapp
Share on WhatsApp
Share on telegram
Share on Telegram

Leave a comment

Wakaf

10.000 Al-Quran

Persembahkan Pahala Amal Jariyahnya untuk Orang Tua dan Keluarga Tercinta.