Suaramuslim.net – Influenza, sakit kepala, demam tinggi, sakit tenggorokan, batuk dan pilek, seringkali menjadi pelanggan tetap yang hadir saat cuaca tidak menentu. Daun sirih, terbukti ampuh menjadi obatnya. Berikut ini penjelasannya.

Penyakit batuk pilek anak, seperti yang dijelaskan pada situs sfsac.com, penyebab utamanya ada dua jenis, yaitu alergi yang bisa disebabkan dari internal dan eksternal. Faktor internal bisa disebabkan oleh hormon, psikologis dan keturunan mungkin juga orang alergi.

Faktor lain bisa disebabkan oleh alergen seperti debu atau inhalasi alergen makanan seperti makanan yang dikonsumsi si kecil, misalnya es, susu, ikan dan sebagainya. Sedangkan cuaca dan perubahan musim yang sedang terjadi bisa digolongkan sebagai faktor eksternal.

Berbagai faktor dapat menyebabkan batuk dan pilek, terlebih jika sistem imun si kecil dalam keadaan lemah. Jika si kecil sudah terkena penyakit, ujung-ujungnya Anda langsung memberikan obat yang biasa dijual di apotek. Alangkah baiknya jika Anda memberi obat batuk pilek kepada si kecil dengan berbahan dasar ramuan herbal. Salah satunya dengan menggunakan sirih merah

Dari berbagai penelitian yang dilakukan terhadap sirih merah ini, ditemukan bahwa sirih merah mengandung flavonoid, polifenol, alkoloid, tanin, minyak atsirih, sapononin, allylprokatekol, karvokol, eugenol, p-cymene, cineole, coryofelen, kadimen, ekstragol, terpenana, dan propoda.

Senyawa flavoid dan polifenol sendiri berguna sebagai antioksidan, antiflamasi, dan antidiabetic. Sementara itu, senyawa alkaloid sangat baik untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Rebusan daun sirih merah yang diberikan pada tikus putih yang terkena diabetes juga ternyata mampu menurunkan kadar gulanya. Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa sirih merah dapat digunakan sebagai pengontrol gula darah dalam tubuh penderita diabetes mellitus.

Kandungan senyawa karvakol dalam sirih merah memiliki manfaat sebagai desinfektan dan antijamur, sangat baik jika digunakan sebagai obat kumur dan obat keputihan. Selain itu, kandungan senyawa eugenol dalam sirih merah berfungsi analgesic atau pereda nyeri. Kandungan senyawa tannin berfungsi sebagai penyembuh diare dan antiseptik pada luka.

Cara Menyulap Daun Sirih Menjadi Obat Batuk

Jika Ananda sakit, berikut ini cara memanfaatkan daun sirih menjadi obat. Pertama, panaskan daun sirih pada api lilin. Ambil 2 helai dau sirih. Sehelai untuk dada dan sehelai untuk punggung anak. Setelah layu letakkan balsem/vicks pada daun sirih. Lalu letakkan daun sirih di dada dan punggung ananda.

Demikian ulasan mengenai sirih merah, tanaman apotek hidup yang ampuh menyembuhkan batuk serta flu pada anak.(muf)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.