Tips Liburan Idul Fitri Seru Dirumah

Suaramuslim.net – Momen liburan Idul Fitri sangat sayang jika dilewatkan begitu saja, apalagi jika sudah susah payah mudik ke kampung halaman yang jauh letaknya.

Saat-saat langka yang hanya terjadi setahun sekali seperti ini membuat Anda ingin mengabadikannya dengan kenangan yang indah. Namun disisi lain, Anda ingin tetap di rumah untuk menghemat tenaga dan biaya. Jika demikian, ayo cari ide seru agar Anda tidak kehilangan momen itu!

Tips 1 : Manfaatkan halaman rumah

Biasanya kediaman Anda di kampung halaman memiliki halaman yang jauh lebih luas dibanding rumah Anda di kota. Mengajak anak untuk “piknik” di halaman kakek-neneknya sepertinya seru untuk dicoba.

Anda bisa memanfaatkan halaman depan atau belakang rumah, untuk berkumpul bersama keluarga dalam nuansa “piknik” atau mendirikan kemah sederhana. Di malam hari Anda bisa menyiapkan peralatan memanggang untuk acara barbeku atau sekedar membakar jagung yang dipetik langsung dari sawah.

Tips 2 : Belanja bersama di pasar tradisional terdekat

Jika Anda sering mengajak anak-anak berbelanja di supermarket atau minimarket di kota, inilah saatnya untuk mengenalkan mereka dengan pasar tradisional yang masih khas di kampung halaman.

Baca Juga :  Nikmatnya Puasa Syawal

Biasanya setiap desa atau kecamatan memiliki pasar, sehingga lokasinya tentu tidak jauh dari rumah Anda di kampung halaman. Selain untuk berbelanja oleh-oleh khas daerah atau sesuatu yang Anda rindukan dan tidak Anda temui di kota. Anak-anak juga bisa belajar keramahan suasana kampung halaman.

Tips 3 : Menanam Bunga atau Pohon bersama

Jika musimnya tepat, Anda bisa memanfaatkan momen libur Idul Fitri dengan menanam satu pohon atau bunga di perkarangan rumah. Ini ibarat “jejak” atau “tanda” yang akan Anda tinggalkan setiap tahunnya.

Ajaklah anak-anak menanam bunga atau pohonnya sendiri. Anda bisa menambahkan catatan tahun berapa Anda menanamnya, memotret dan membandingkannya saat Anda pulang lagi tahun depan. Setiap pulang Anda bisa melihat pertumbuhannya yang makin tahun makin bertambah besar.

Tips 4 : Bersepeda menyusuri persawahan atau perkebunan

Ibarat sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Selain menciptakan momen bersama, bersepeda juga untuk menjaga kesehatan Anda. Suasana bersepeda ini tentu akan sangat berbeda dengan di kota.

Anda bisa merasakan sejuknya udara di desa melalui sawah, kebun dan perbukitan di desa. Tidak perlu lama atau jauh, yang penting sudah meregangkan otot dan menciptakan momen kebersamaan

Baca Juga :  Lewat SKB 3 Menteri, Cuti Bersama Lebaran Jadi 7 Hari
Tips 5 : Memetik hasil kebun

Jika ada kebun di sekitar rumah Anda yang sedang lebat dengan sayur dan buah-buahan. Ajak anak-anak untuk memetiknya bersama. Setelah memetik Anda bisa menikmati hasil kebun bersama keluarga besar. Tentu akan berbeda hasil masakan dari kebun sendiri. Selain hemat juga segar dan menyenangkan bukan?

Mungkin Anda masih memiliki banyak ide lainnya selain 5 tips tersebut. Apapun itu semoga bisa semakin membuat Anda bahagia bersama keluarga tercinta. Amin. Semoga bermanfaat.

Kontributor: Siti Aisy
Editor: Oki Aryono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.