Uni Eropa Sediakan Dana $2,2 Juta Segar untuk Rohingya
Rohingya refugees shelter under umbrellas as they make their way during a monsoon rainfall at Kutupalong refugee camp in Ukhia on Setember 12, 2019. (Photo by MUNIR UZ ZAMAN / AFP)

COX’S BAZAR (Suaramuslim.net) – Uni Eropa setuju untuk mendanai Program Pangan Dunia PBB (WFP) dengan $2,2 juta untuk menjalankan kegiatan kemanusiaan bagi para pengungsi Rohingya yang terlantar di Cox’s Bazar Bangladesh.

“Badan PBB akan memberikan bantuan makanan yang menyelamatkan jiwa, mengatasi tingginya tingkat kekurangan gizi di antara anak-anak dan ibu, sementara juga melindungi para pengungsi dari risiko musim hujan,” kata badan PBB itu dalam sebuah pernyataan seperti yang ditulis oleh Anadolu Agency.

“Dua tahun sejak arus masuk terbesar pengungsi Rohingya ke Bangladesh, situasi di kamp-kamp di Cox’s Bazar tetap kritis,” kata perwakilan WFP dan direktur negara Bangladesh Richard Ragan, seperti dilansir Anadolu, Jumat (13/9).

Dia mengklaim bahwa 80% dari sekitar 1 juta pengungsi Rohingya di kamp bergantung pada bantuan makanan WFP.

“Pendanaan tepat waktu dari Uni Eropa ini akan membantu kami mendukung anak-anak dan perempuan yang paling rentan. Sebagian darinya juga akan digunakan untuk pekerjaan kesiapsiagaan bencana kami di kamp-kamp,” tambahnya.

Baca Juga :  Masalah Keseharian Rohingya: Kesehatan Terancam, Ekonomi Terbatas

Kamp pengungsi terbesar dan terpadat di dunia, yang menampung lebih dari 1 juta pengungsi Rohingya dari Myanmar, menghadapi risiko yang tajam pada musim hujan saat ini.

“Melalui upaya kolektif, kami telah menyelamatkan banyak nyawa sejak krisis Rohingya dimulai lebih dari dua tahun yang lalu,” kata Christos Stylianides, Komisaris Uni Eropa untuk Bantuan Kemanusiaan dan Manajemen Krisis.

“Namun tantangannya masih jauh dari selesai karena ratusan ribu orang Rohingya bergantung pada bantuan kemanusiaan untuk bertahan hidup,” dikutip dari pernyataan itu.

Uni Eropa adalah salah satu donor utama WFP di Bangladesh dan telah memberikan bantuan lebih dari €41 juta ($45,5 juta) sejak 2014.

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.