Warehouse: pengertian, fungsi, dan jenisnya

Warehouse: pengertian, fungsi, dan jenisnya

Sumber: freepik.com

Suaramuslim.net – Dalam kehidupan sehari-hari, baik disadari maupun tidak, kegiatan transportasi dan warehouse adalah aspek yang memiliki kontribusi sangat besar. Kelancaran dan efisiensi biaya dari kedua kegiatan ini sangat menentukan harga produk yang kita konsumsi sehari-hari. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan seputar warehouse dari Fas fulfillment berikut!

Warehouse: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Menurut Repository STEI, warehouse adalah tempat untuk penerimaan, penyimpanan sementara, dan persediaan material produksi. Lembaga Manajemen Perdagangan juga menjelaskan bahwa warehouse atau gudang, adalah tempat penyimpanan yang berfungsi untuk menyimpan persediaan sebelum diproses lebih lanjut.

Kesimpulannya, warehouse merupakan salah satu komponen penting dalam rantai pasokan modern. Warehouse digunakan untuk menyimpan produk dan menyediakan informasi tentang kondisi persediaan yang ada di gudang.

Fungsi Warehouse

Warehouse memiliki berbagai fungsi penting dalam rantai pasokan, antara lain:

1. Fungsi Penyimpanan (Storage and Movement)

Fungsi utama warehouse yaitu sebagai tempat penyimpanan barang. Penyimpanan ini mencakup bahan mentah, barang setengah jadi, hingga peralatan produksi.

2. Fungsi Melayani Permintaan Pelanggan (Order Fulfillment)

Warehouse berperan dalam menerima barang dari penyuplai dan memenuhi permintaan dari cabang atau pelanggan, menjadikannya pusat aktivitas logistik. Gudang memastikan ketersediaan produk dan siklus order terjaga.

3. Fungsi Distribusi dan Konsolidasi (Distribution and Consolidation)

Warehouse berfungsi sebagai perpanjangan dari pemasaran dan penjualan, memastikan penyampaian produk dan informasi kepada pelanggan sebagai titik penjualan.

Menurut Hadiguna dan Setiawan (2008), beberapa fungsi spesifik dari gudang meliputi:

a. Penerimaan (Receiving)

Gudang menerima bahan pesanan perusahaan, menjamin kualitas material yang dikirim oleh pemasok, dan mendistribusikannya ke lantai produksi.

b. Persediaan

Gudang memastikan permintaan dapat dipenuhi sesuai tujuan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

c. Penyisihan (Put Away)

Gudang menempatkan barang-barang di lokasi penyimpanan yang tepat.

d. Penyimpanan (Storage)

Gudang menyimpan barang-barang atau produk konsumen.

e. Pengambilan Pesanan (Order Picking)

Gudang mengambil barang sesuai pesanan dan kebutuhan pelanggan.

f. Pengepakan (Packaging)

Langkah pengemasan dilakukan setelah proses pengambilan barang.

g. Penyortiran (Sorting)

Gudang menyortir batch menjadi pesanan individu dan mengakumulasi pengambilan untuk pengiriman.

h. Pengepakan dan Pengiriman (Packing and Shipping)

Gudang memeriksa kontainer atau moda distribusi dan mempersiapkannya untuk pengiriman.

Jenis-jenis Warehouse

Warehouse terdiri dari beberapa jenis, termasuk gudang bahan baku (raw material warehouse), gudang barang dalam proses produksi (working process storage), dan gudang barang jadi (finished goods warehouse). Melihat peran pentingnya, memilih jasa pergudangan warehouse adalah keharusan bagi pelaku bisnis

Hal ini untuk memastikan operasional yang lancar dan mencapai keuntungan maksimal. Ketepatan dalam kegiatan pergudangan sangat penting guna mendukung operasional yang cepat, tepat, efektif, dan efisien, yang benar-benar penting kelancaran bisnis Anda.

Jelas, bahwa warehouse memiliki beberapa fungsi penting dalam rantai pasokan, termasuk penyimpanan barang, melayani permintaan pelanggan, dan distribusi serta konsolidasi. Ditambah lagi dengan berbagai jenis warehouse yang menunjang kebutuhan penyimpanan pasokan. Itulah sebabnya, Fas Fulfillment hadir untuk Anda!

Layanan Warehouse Terpercaya bersama Fas Fulfillment

Segeralah bermitra dengan Fas untuk memastikan keamanan dan kepercayaan pengguna. Fas memberikan dukungan menyeluruh mulai dari penerimaan pesanan, quality control produk, packing, hingga pengiriman produk.

Warehouse Fas telah tersertifikasi dengan standar halal dan ISO 27001-13, menjamin keandalan dan keamanan operasional. Layanan pick & pack otomatis memastikan pesanan ditangani dengan efisien, sementara Anda dapat menyesuaikan label pengiriman dan paket pesanan sesuai keinginan. Jadi, pilih warehouse yang aman dan terpercaya bersama Fas fulfillment!

Like this article?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on WhatsApp
Share on Telegram

Leave a comment