Workshop Manajemen Sekolah oleh PT DMU Surabaya
Dari kiri: Ketua mkks, wakil ketua bidang pendidikan, ketua Majelis Dikdasmen, DMU.

Suaramuslim.net – Satu hal pokok kemajuan sekolah. Manajemen menjadi tonggak sekolah itu langgeng. Pengaturan keuangan, kurikulum dan sumber daya manusia sekolah menjadi perhatian. Dan itu semua perlu ada pengaturan yang mapan.

Workshop Manajemen Sekolah dengan program aplikasi sidikmu berbasis mobile web oleh PT Daya Matahari Utama (DMU) Surabaya bekerjasama dengan MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) Muhammadiyah di Ruang Pertemuan Kantor PDM Tulungagung Jln. RA Kartini no 35 (19/01/19).

Hadir dalam workshop tersebut Ketua Dikdasmen PDM Tulungagung, Ketua MKKS Muhammadiyah Tulungagung, Ketua Majelis Dikdasmen, Wakil Ketua Bidang Pendidikan PDM Tulungagung dan PT Daya Matahari Utama (DMU) Surabaya. Peserta terdiri dari 39 orang. Seluruh sekolah dari SD hingga SMK baik di bawah Kemenag maupun Dinas Pendidikan. Baik sekolah yang ada di pusat kota hingga yang dibalik pegunungan seperti MI Muhammadiyah Pagersari Kecamatan Kalidawir.

Sekolah Muhammadiyah diharapkan bisa memperbaiki manajemen sekolahnya. Tolok ukur sekolah maju atau tidak bisa dilihat dari manajemennya. Dari manajemen yang baik ini sekolah bisa terus berkembang sampai puncak.

“Berharap program aplikasi sidikmu bisa membantu proses menejemen sekolah,” ungkap Lukman Subodro, ST dalam sambutan selaku Ketua MKKS Muhammadiyah Tulungagung.

“Dengan manajemen yang baik, diharapkan perkembangan sekolah bisa terealisasi. Anggapan sekolah kelas dua bisa diminimalisir,” imbuhnya.

Ketua MKKS yang juga Kepala SMK Muhammadiyah 2 Tulungagung ini bersyukur karena dalam workshop ini bisa dihadiri 13 sekolah Muhammadiyah se-Kabupaten Tulungagung.

Sekolah-sekolah di bawah naungan Majelis Dikdasmen (Pendidikan Dasar dan Menengah) yang dinahkodai Drs. H. Imam, M.Pd ini diharap bisa menambah daya saing sekolah Muhammadiyah di Tulungagung dengan adanya aplikasi ini.

“Dalam menghadapi penerimaan peserta didik baru atau PPDB tahun ini ada perkembangan yang signifikan,” terangnya.

Adapun Ketua PDM yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Wakil Ketua Bidang Pendidikan Drs. H. Suwono, M.Pd.I mengatakan, ”Di era globalisasi yang memasuki revolusi industri 4.0, perkembangan aplikasi ini di bidang IPTEK sangat penting untuk perkembangan suatu instansi pendidikan,” paparnya.

“Maka dari itu dibutuhkan aplikasi-aplikasi yang mendukung perkembangan sekolah-sekolah Muhammadiyah, (red: hingga) pada akhirnya sekolah bisa maju,” lanjutnya.

Moh. Zainudin, S.Pd, selaku perwakilan PT DMU Surabaya dan pemateri utama menyatakan, ”Aplikasi sidikMu merupakan perkembangan dari aplikasi sipintar.”

Perusahaan di bawah naungan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur ini terus berinovasi sehingga aplikasi ini menjadi lengkap untuk kebutuhan sekolah.

“Jadi semua terprogram dan tertata secara online dan bisa diakses di manapun baik oleh siswa atau orang tua baik dalam negeri maupun ketika di luar negeri,” tambahnya.

Kontributor: Muslih Marju
Editor: Muhammad Nashir

Opini yang terkandung di dalam artikel ini adalah milik penulis pribadi, dan tidak merefleksikan kebijakan editorial Suaramuslim.net

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here