Yahya Staquf Penuhi Undangan Kelompok Advokasi Yahudi ke Israel

9
yahya cholil
Yahya Cholil Staquf saat menyampaikan kuliah umum di Tel Aviv Israel (foto: AJC)

Suaramuslim.net – Katib ‘Am PBNU sekaligus Anggota Dewan Pertimbangan Presiden K.H. Yahya Cholil Staquf memenuhi undangan dari American Jewish Comitte (AJC), sebuah kelompok Advokasi Yahudi Internasional untuk menyampaikan kuliah umum di Tel Aviv, Israel pada Ahad (10/6).

Dalam forum yang dimoderatori oleh Rabi David Rosen, Direktur Hubungan Antar Agama dari AJC, Yahya Staquf di antaranya menyampaikan bahwa Al Qur’an dan Hadis perlu ditafsir ulang untuk harmonisasi hubungan Islam dan Yahudi.

-Advertisement-

“Quran dan Hadis adalah pada dasarnya dokumen sejarah yang berisi panduan moral dalam menghadapi situasi tertentu. Ketika situasi dan realitasnya berubah, maka manifestasi dari moralitas tersebut sudah seharusnya berubah pula,” ujar Yahya.

Yahya juga menyampaikan kehadirannya dalam forum itu meneruskan semangat dari Gus Dur yang 16 tahun lalu juga berbicara di forum yang sama di Washington DC.

“Sebuah keberuntungan bagi NU bahwa Gus Dur meninggal dunia dengan meninggalkan murid-murid yang kemudian tumbuh dan mengikuti jejaknya. Apa yang selama ini saya dan rekan-rekan saya lakukan hanyalah sebatas melanjutkan pekerjaan dari Gus Dur,” kata Yahya di hadapan hadirin dari Komite Yahudi Amerika.

Baca Juga :  Ini Upaya Pemerintah Indonesia Untuk Bantu Palestina

American Jewish Comitte atau Komite Yahudi Amerika berdiri jauh sebelum negara Israel didirikan dan melakukan aktivitas utama mengadvokasi Yahudi di seluruh dunia termasuk membantu berkumpulnya Yahudi di seluruh dunia dalam satu negara yakni Israel.

AJC juga merupakan lembaga yang menyokong penuh Israel, dan memiliki rekam jejak membantu Israel dalam hal lobi politik, bantuan ekonomi, hingga membantu dalam perang di antaranya perang Arab-Israel.

Reporter: Ahmad Jilul Qur’ani Farid
Editor: Muhammad Nashir

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.