Yunahar Ilyas: Ada Tiga Syarat Untuk Menjadi Ulama

189
Yunahar Ilyas Ada Tiga Syarat Untuk Menjadi Ulama
Prof Yunahar Ilyas (Foto: Dok Suaramuslim.net/Ali Hasibuan)

Jakarta (Suaramuslim.net) – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Yunahar Ilyas mengatakan ada tiga syarat untuk menjadi seorang ulama. Hal ini disampaikan Yunahar di hadapan peserta Kongres Ulama Muda Muhammadiyah di gedung dakwah Pengurus Pusat Muhammadiyah, Jakarta.

“Ada tiga syarat, yaitu ilmu, iman dan kehadirannya di tengah-tengah masyarakat” ujarnya pada Selasa (30/1).

-Advertisement-

Lebih lanjut, Yunahar yang saat ini juga sebagai Wakil Ketua Umum MUI Pusat periode 2015 – 2020 mengatakan, jangan sampai seorang ulama hanya mementingkan ilmu saja.

“Dulu saat kami masih muda, saat aktivis, itu begitu, semalaman membincangkan Islam tapi shalat subuhnya telat” tambahnya yang disambut gelak tawa para peserta kongres.

Selain itu menurut Yunahar, seorang ulama harus juga sangat terlibat dalam permasalahan masyarakat, karena fungsi ulama untuk membimbing umat.

Yunahar juga menambahkan bahwa terma ulama sangat jarang digunakan dalam tubuh Muhammadiyah, namun ia mengapresiasi dilaksanakannya kongres Ulama Muda Muhammadiyah ini yang juga dihadiri oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Ust. Fahmi Salim, Ketua Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak, Fathurrahman Kamal dan sejumlah nama lain.

Baca Juga :  Orientasi Media Islam (Menyambut HPN Tahun 2018)

Reporter: Ali Hasibuan
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.