Manfaat Mengonsumsi Buah Kurma Muda

0
33
kurma muda, manfaat kurma, kandungan kurma muda

Suaramuslim.net – Buah kurma memiliki nama latin Phoenix dactylifera. Buah ini berasal dari Arab Saudi dan memiliki warna hitam kecoklatan dengan rasa yang manis. Di bulan Ramadhan, tak sedikit kita jumpai kurma di berbagai tempat. Buah kurma memiliki rasa yang manis sehingga dapat dikonsumsi sebagai makanan berbuka puasa. Sedangkan untuk kurma muda sendiri mungkin tidak terlalu populer.

Kurma muda dikenal dengan istilah kurma ruthob yang mana kurma ini memang masih dalam keadaan setengah matang. Kurma muda juga masih segar karena tidak mengalami proses pengeringan seperti kurma yang matang. Kurma muda cukup sulit ditemukan karena jarang dijual bebas di pasar kecuali di negara tempat asalnya. Biasanya untuk kurma muda ini dapat dilakukan pemesanan langsung ke timur tengah. Setelah pemesanan kurma akan langsung dikirim karena kurma muda memang tidak memerlukan proses pengeringan seperti yang dilakukan pada kurma matang. Kurma muda memang baiknya langsung dikonsumsi setelah diterima dan disimpan di tempat yang sejuk seperti kulkas agar tetap segar selalu saat akan dikonsumsi.

Kandungan kurma muda

Kurma muda banyak mengandung senyawa dan vitamin – vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh. Adapun kandungan yang terdapat pada kurma muda ini adalah sebagai berikut :

  • Zat besi berfungsi untuk menjaga kebutuhan oksigen di dalam darah sehingga mencegah munculnya anemia.
  • Kalsium berguna untuk memberikan nutrisi pada tulang dan gigi sehingga mencegah keroposan pada tulang yang bisa saja terjadi saat berusia lanjut atau dikenal dengan istilah osteoporosis.
  • Klorida berguna untuk membantu tubuh untuk mengeluarkan karbondioksida di dalam tubuh.
  • Vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin a banyak terdapat pada wortel dan rimbang.
  • Vitamin C banyak terdapat pada buah jeruk dan buah mangga. Vitamin c berfungsi unutk mencegah penyakit sariawan.
  • Vitamin K berfungsi untuk menghentikan pendarahan jika terjadi pendarahan seperti luka.

Manfaat Kurma Muda

  1. Mencegah Sembelit

Dengan merendam beberapa kurma di air semalaman, kemudian meminum air tersebut di pagi hari, akan membantu mencegah penyakit sembelit.

  1. Kaya zat besi

Kandungan zat besi banyak ditemukan pada kurma. Zat besi sangat berperan penting bagi sel darah merah dan dapat mencegah anemia.

  1. Mengobati Kolesterol

Mengonsumsi kurma juga dapat meminimalkan kolesterol jahat dan menjaga arteri Anda agar tetap sehat.

  1. Meningkatkan energi

Caranya adalah dengan mencampur kurma, madu dan susu. Rajin mengonsumsi campuran tersebut sangatlah baik untuk stamina dan libido yang sehat.

  1. Mengurangi tekanan darah

Seseorang yang menderita hipertensi dapat mengonsumsi 3-4 kurma setiap hari. Kandungan nutrisi pada kurma bisa membantu menjaga tekanan darah.

  1. Mencegah Diare

Kandungan kalium yang terdapat dalam kurma dapat mencegah diare.

  1. Menjaga berat badan

Mengonsumsi kurma cepat membuat Anda merasa kenyang. Tak jarang, pakar diet merekomendasikan kurma sebagai buah yang bisa mereka konsumsi saat diet.

  1. Jantung sehat

Kurma baik dikonsumsi setiap hari karena dapat menjaga jantung Anda tetap sehat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here