Tips Membuat Kentang Goreng Menjadi Lebih Renyah

Suaramuslim.net – Saat bersantai bersama keluarga akan lebih lengkap jika terdapat hidangan ringan yang dapat dinikmati bersama, misalnya cemilan. Salah satu makanan ringan yang enak disantap di saat santai ini adalah kentang goreng. Kali ini kami akan memberikan resep membuat kentang goreng yang renyah, sehingga Mitra Muslim dapat membuatnya sendiri dirumah.

Hal pertama yang perlu disiapkan adalah memilih kentang yang mulus. Jangan memilih kentang yang bopeng atau berwarna kehijauan. Pilihlah kentang dengan permukaan yang mulus dan masih segar, karena kentang jenis inilah yang paling enak dan renyah untuk dijadikan french fries. Kemudian Mitra Muslim dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Rendam dalam air dingin

Kupas kentang dan potong sesuai selera (dapat memanjang, tebal, atau tipis) lalu rendam potongan kentang tersebut ke dalam air dingin. Proses merendam cukup dilakukan selama kurang lebih 30 menit untuk menjaga tekstur kentang saat digoreng nanti.

2. Taburi tepung maizena

Setelah selesai direndam, taburi kentang dengan menggunakan tepung maizena secara tipis saja. Tepung maizena ini bisa menyerap kelembapan kentang sehingga akan terasa lebih renyah setelah digoreng. Setelah ditaburi tebung maizena, goreng kentang secara deep fried atau kentang terendam penuh di dalam minyak goreng yang sudah panas, sehingga kematangannya lebih merata.

3. Siram dengan jeruk nipis

Selain tepung maizena, Mitra Muslim juga dapat menyiramnya dengan menggunakan perasan air jeruk nipis dan menambahkan es batu ke dalamnya. Aduk merata dan diamkan di dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit sebelum digoreng.

Jika masih terdapat sisa kentang yang telah dibumbui dan belum digoreng, simpan di dalam lemari es agar dapat diolah di lain waktu. Namun perlu diperhatikan bahwa kentang tersebut hanya akan bertahan selama kurang lebih 3-4 hari saja. Selamat mencoba, Mitra Muslim!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *