4 Hal Ampuh untuk Melestarikan Kebudayaan Indonesia

51
4 Hal Ampuh untuk Melestarikan Kebudayaan Indonesia

Suaramuslim.net – Budaya Indonesia, akhir-akhir ini semakin tergerus dengan hal-hal yang seolah berbau modernisasi. Generasi saat ini dituntut untuk bisa melestarikan budaya Indonesia agar tetap dikenal dan tidak punah. Bagaimana caranya?

Tak kenal maka tak sayang, Jika belum mengenal kebudayaan Indonesia, tentu seseorang tak mungkin bisa mencintai, menyayangi bahkan mengambil upaya untuk melestarikan kebudayaan tersebut.

Langkah awal yang dapat dilakukan adalah mengenal dan memahami budaya yang ada di Indonesia terlebih dahulu. Misalnya, Anda bisa mencari tahu berbagai macam informasi yang berhubungan dengan budaya Indonesia. Informasi tersebut bisa didapatkan melalui bermacam-macam literatur seperti buku, ensiklopedi, atau bisa juga melalui surat kabar. Terlebih, saat ini sudah banyak literatur yang membahas mengenai budaya dan kebudayaan Indonesia.

Ajarkan Budaya kepada Orang Lain

Setelah mengenali dan mempelajari dengan baik, mulai dari sejarahnya sampai macam-macam kebudayaan yang lahir dari budaya tersebut, langkah selanjutnya adalah memberikan pengajaran kepada orang lain agar makin banyak orang yang mengenal budaya tersebut. Dalam hal ini, ada beberapa pilihan yang bisa anda lakukan yaitu mengajar di sekitar lingkungan anda atau mengajar di sekolah.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan membuat kelas khusus kebudayaan untuk para anak-anak maupun siswa-siswi. Mereka harus diajarkan tentang kebudayaan sebab dalam rentang umur tersebut akan mudah terpengaruh dengan budaya asing yang dianggap lebih kekinian.

Untuk melakukan hal ini, Anda bisa bekerja sama dengan desa, sekolah-sekolah, rumah budaya atau juga karang taruna agar niat baik ini bisa terwujud. Dengan bantuan desa dan juga karang taruna, akan lebih mudah untuk mengumpulkan anak-anak dan remaja yang ingin bergabung dalam kelas kebudayaan ini.

Memperkenalkan Budaya ke Luar Negeri

Di era modern ini, makin banyak yang mengenal internet dan media sosial. Fenomena ini dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan budaya lokal  kepada orang luar. Postinglah foto-foto kesenian lokal yang dilengkapi dengan deskripsi di media sosial yang sedang viral saat ini.

Akan lebih baik jika dalam postingan tersebut memberikan deskripsi dalam dua bahasa yaitu bahasa lokal dan juga bahasa inggris agar orang luar lebih memahami postingan tersebut.

Tidak Terpengaruh Budaya Asing

Belakangan ini asumsi bahwa budaya asing  lebih modern, gaul, dan tidak kampungan, dibanding budaya dalam negeri banyak membuat masyarakat Indonesia meninggalkan budaya lokal mereka. Tak heran, jika saat ini banyak orang tidak tahu atau paham dengan budaya mereka sendiri. Hal ini tentu saja sangat ironis sebab Indonesia dikenal dengan negara yang mempunyai keragaman budaya.

Agar budaya-budaya lokal Indonesia ini tidak punah, masyarakat Indonesia harus mempunyai prinsip agar tidak mudah terpengaruh budaya asing tersebut. Misalnya saja, dengan menjadikan budaya lokal sebagai identitas bangsa. Dengan menjadikan kebudayaan indonesia sebagai identitas, maka setiap warga Indonesia akan lekat dengan identitasnya tersebut dan tak akan terlupa dengan identitasnya.

Memilah Kebudayaan Asing

Tidak semua kebudayaan asing ini memberikan dampak positif terhadap budaya lokal. Maka dari itu, bangsa Indonsia harus cermat dalam mengadopsi budaya asing yang datang. Untuk itu, memilah setiap kebudayaan yang masuk ke dalam Indonesia adalah hal yang penting.

Adopsilah kebudayaan-kebudayaan positif yang dapat memajukan bangsa Indonesia. Budaya kerja keras dari budaya asing misalnya, budaya yang demikian bisa diadopsi sebab, budaya ini akan berdampak positif bagi kemajuan bangsa Indonesia. Namun, tinggalkankan budaya budaya asing yang berdampak negatif. Karena itu akan menyebabkan kemunduran bangsa dan lambat laun akan menghilangkan nilai kebudayaan lokal.

Kontributor: Mufatihatul Islam
Editor: Muhammad Nashir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here