4 Tunanetra Aktif Menghafal Al-Qur’an Melalui Radio Suara Muslim
Al Quran braile. (Foto: Dream.co.id)

Suaramuslim.net – Media massa apa yang paling setia mendampingi saudara kita yang tunanetra? Ya, pesawat radio media sahabat setia para tunanetra. Meskipun media digital sudah makin canggih, namun tidak semua menu dan tidak semua aplikasi ponsel pintar bisa dinikmati oleh penyandang tunanetra. Sangat terbatas. Fasilitas radio di ponsel pintar inilah yang sangat bermanfaat bagi mereka.

Itulah salah satu manfaat media audio. Begitu pula yang dirasakan pendengar Radio Suara Muslim Surabaya 93.8 FM. Tidak hanya orang kebanyakan, namun sejumlah tunanetra sangat terbantu dengan media ini. Beberapa di antaranya aktif menyimak program Al-Qur’an di Suara Muslim. Salah satunya program Jelajah Al-Qur’an.

Mas Totok dan Mas Tarjo

Sebut saja Totok, dia penyandang tunanetra warga Surabaya. Setiap hari dia selalu mengikuti siaran Jelajah Al-Qur’an. Program ini disiarkan tiap hari di Radio Suara Muslim pukul 10.00-11.30 di luar Ramadan dan 09.30-11.00 WIB di bulan Ramadan. Jelajah Al-Qur’an adalah program yang memutarkan bacaan Al-Qur’an (murattal) oleh para imam/qari berkaliber dunia. Ada imam dari Masjidil Haram atau qari lain dari jazirah Arab. Para pendengar bisa request ayat favorit dan daftar qari yang telah tersedia.

Totok sering menelepon dan meminta diputarkan ayat-ayat Al-Qur’an. Tak hanya itu, dia sering request ayat tertentu. Menurut Dani Rohmati, salah satu penyiar Suara Muslim, Totok punya tekad kuat menghafalkan Al-Qur’an.

“Sejauh yang saya tahu, Pak Totok ini sedang menghafalkan surat Al Baqarah. Kalau tidak salah, saat ini sudah sampai ayat ke-50. Dia ini rajin mengikuti Jelajah Al-Qur’an. Beberapa kali saya siaran, dia sering menelepon untuk request,” ungkap Dani.

Totok tidak sendirian. Ada Tarjo, warga Wonokromo, Surabaya. Ia juga seorang tunanetra. Kalau menelepon, masih kata Dani, dia tak hanya request satu bagian surat, namun tiga surat sekaligus.

“Mas Tarjo sering memesan tiga surat yang berbeda. Biasanya dia request ayat-ayat doa. Alasannya agar tambah wawasan. Supaya tambah hafalan doa yang dibaca sehari-hari,” tutur Dani yang lulusan pascasarjana Unair Surabaya.

Tunanetra luar Surabaya

Tak hanya pendengar Surabaya, namun pendengar tunanetra dari luar Surabaya pun aktif menyimak Jelajah Al-Qur’an. Pria muda bernama Tria warga Lawang, Malang misalnya.

“Mas Tria ini tak hanya punya banyak hafalan, suaranya pun bagus. Saya pernah minta dia membacakannya saat dia menelepon dan memang indah. Hafalannya sudah dua juz,” lanjut Dani.

Ada pula Maya yang juga sama-sama orang Malang. Dia juga aktif. Dani menuturkan beberapa komentar Maya.

“Pesan dia sesaat sebelum menutup telepon kepada pendengar lain,jadilah muslim yang ikhlas, ikhlas dalam berbuat apa pun termasuk berbagi kepada orang lain. Maya dan Tria ini sering terkoneksi dalam saluran telepon melalui aplikasi internet. Mereka saling memotivasi,” ucap Dani.

Dari sekian banyak pendengar tunanetra, Pak Warno yang paling jauh.

“Dia tinggal di Magetan. Dan ternyata mereka ini saling kenal. Sepertinya ada komunitasnya. Lalu mereka saling ajak satu sama lain untuk aktif mengikuti siaran Suara Muslim. Ada yang melalui gelombang 93.8 FM dan ada yang melalui radio streaming,” beber Dani.

Pak Warno ini sepertinya paling senior di antara mereka. Dia sering memotivasi agar lebih bersemangat mengaji. “Ojok sampai kalah karo wong biasa.” Begitu ucapnya kalau membakar semangat belajar rekan-rekan tunanetra lainnya.

Inilah bukti betapa media radio masih sangat dibutuhkan, khususnya penyandang disabilitas. Karena itu, kami mengajak Anda ikut ambil bagian dalam syiar ini bersama Radio Suara Muslim.

Salurkan donasi terbaik Anda untuk keberlanjutan syiar dakwah, agar terus bisa hadir menerangi berbagai daerah di seluruh penjuru negeri.

Donasi dapat Anda salurkan melalui transfer ke Bank Syariah Mandiri nomor rekening 7447 444 008 atas nama Donasi Media Dakwah, Bank Syariah Mandiri (Kode Bank 451). Konfirmasikan ke nomor 0813 3322 2487.

Jika Anda memiliki kisah yang berkesan dengan Suara Muslim, jangan ragu untuk mengirimkan ke kami di email redaksi@suaramuslim.net dan Whatsapp 0813 3322 2487.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.