5 Aksesoris Pelengkap Ini Percantik Busana Syar'i

Suaramuslim.net – Menjadi Muslimah moderen, bukan berati kita tidak bisa tampil stylish dan sesuai syariat Islam. Apalagi saat ini para desainer muslim berlomba-lomba menawarkan busana trendy sekaligus syari.

Beberapa busana syari yang berkembang di pasaran mengkombinasikan pakaian dan hijab lengkap dengan aksesorisnya. Kita juga bisa lho mempercantik penampilan dengan menambahkan beberapa aksesoris pelengkap seperti berikut ini:

Jam Tangan

Pada dasarnya jam tangan digunakan sebagai penunjuk waktu. Namun seiring perkembangan fashion, jam tangan juga dipakai untuk aksesoris penunjang busana. Ada aneka model jam tangan yang memberikan kesan berbeda bagi si pemakai. Seperti jam tangan model sport yang memberikan kesan sportif, atau ada juga yang terkesan elegan, profesional, ataupun feminim.

Bros

Bagi muslimah, bros bermanfaat untuk menyematkan kain hijabnya. Ada beragam model dan warna bros yang ditemui di pasaran. Seperti bros berbentuk bunga, bros pita, bros rumbai, bros mutiara, dan juga bros dengan berbagai karakter hewan ataupun inisial huruf. Meski berukuran kecil, namun bros mampu membentuk kesan pada penampilan seseorang. Contohnya: bros motif bunga akan memberikan kesan cantik dan feminim.

Baca Juga :  Muslimah, No Tabarruj!!!
Kaos Kaki

Mengenakan kaos kaki saat bepergian menjadikan aurat tertutup sempurna. Modelnya pun beragam sesuai selera pemakai. Ada kaos kaki jempol dan kaos kaki yang ujungnya bisa disingkapkan saat berwudlu. Sebaiknya kita memilih kaos kaki senada dengan pakaian yang dikenakan, sehingga penampilan nampak selaras.

Manset tangan                              

Manset adalah kain yang digunakan untuk menutupi pergelangan tangan. Bentuknya menyerupai kaus kaki, namun tanpa ujung. Beberapa model pakaian di pasaran berukuran pendek di bagian tangan. Sehingga mereka harus mengenakan manset agar aurat tidak terlihat.

Pilihlah manset yang bahannya menyerap keringat sehingga nyaman dikenakan. Manset juga bermanfaat menunjang penampilan karena memberikan kesan rapi kepada pemakainya.

Cardigan

Cardigan didesain sebagai baju tambahan yang dikenakan di bagian luar. Cardigan adalah sebuah fashion item yang kini tidak hanya berfungsi sebagai penghangat badan semata. Cardigan mudah untuk dipasangkan dengan jenis baju lainnya. Misalnya dipadukan dengan dress, rok, dan gamis.

Kini, berbagai desain telah dibuat untuk mengembangkan rancangan cardigan ini ke dalam bermacam gaya dan potongan baru. Sehingga cardigan makin diminati masyarakat karena membuat pemakainya terlihat lebih keren.

Baca Juga :  Indonesia Muslim Lifestyle Festival Perkuat Wirausaha Berbasis Ekonomi Syariah

Sebelum memilih aksesoris sebagai pelengkap penampilan kalian, ada beberapa poin yang mesti diperhatikan. Pertama, sesuaikan warna aksesoris dengan pakaian yang akan digunakan. Termasuk juga jenis kegiatan yang akan kita hadiri apakah acara formal, semi formal atau santai.

Umumnya, perempuan berkulit putih akan cocok menggunakan aksesoris berwarna cerah ataupun gelas, sesuai dengan pakaian yang dikenakan. Sementara untuk perempuan berkulit gelap bisa memilih aksesoris berwarna krem, abu-abu atau warna netral lainnya.

Kedua, menyesuaikan dengan postur tubuh. Misalnya, jika Anda bertubuh gemuk, sebaiknya ukuran aksesoris yan dipakai tidak terlalu besar. Sebaliknya, bagi Anda yang memilik postur tubuh kecil, sebaiknya memilih aksesoris yang cenderung berukuran lebih besar dan bisa model tumpuk.

Terakhir, menyesuaikan dengan bentuk wajah. Jika Anda berwajah bulat, dianjurkan untuk menggunakan aksesoris dengan bentuk memanjang seperti kalung atau anting-anting yang bentuknya memanjang.

Sementara bagi Anda yang memiliki bentuk wajah persegi, sebaiknya memakai aksesoris yang model pendek. Intinya, karena aksesoris sifatnya hanya sebagai pelengkap, maka sebaiknya kita tidak menggunakannya secara berlebihan. Karena justru akan merusak penampilan kita.

Baca Juga :  Masalah Datang, Peluang Usaha Akan Bermunculan

Kontributor: Siti Aisah*
Editor: Oki Aryono

*Lulusan S1 Ilmu Komunikasi Unair

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.