Hai Umat Muslim! Apa kabar Pagimu

Suaramuslim.net – “The early bird catches the worm” (Burung yang terbang di pagi harilah yang akan berhasil menangkap cacing). Ketika bangun kesiangan rejeki kita akan dipatok ayam. Ada banyak ungkapan atau peribahasa yang menggambarkan pentingnya waktu pagi.

Selain itu, pagi hari juga sering dikaitkan dengan semangat, harapan, keberhasilan dan kesuksesan. Allah telah memerintahkan manusia agar memperhatikan waktu pagi sebaik-baiknya, dan kita diajarkan untuk melingkupinya dengan dzikir kepada-Nya.

Allah berfirman dalam Al Qur’an surah Al A’raf ayat 205,

وَاذْكُرْ رَبَّكَ فِي نَفْسِكَ تَضَرُّعًا وَخِيفَةً وَدُونَ الْجَهْرِ مِنَ الْقَوْلِ بِالْغُدُوِّ وَالْآصَالِ وَلَا تَكُنْ مِنَ الْغَافِلِينَ

“Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan kerendahan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.”

Ayat ini menunjukkan bahwa pagi hari adalah salah satu waktu yang sangat penting dalam kehidupan manusia, sehingga Allah SWT pun menyuruh manusia untuk dekat dengan-Nya di pagi hari.

Baca Juga :  Dzikir-Dzikir Spesial Penenang Hati

Dalam sebuah hadist Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengabarkan begitu besarnya perhatian para malaikat kepada hamba Allah di waktu pagi. Pagi hari menjadi awal mula diukurnya sebuah kualitas hari itu. Ketika kita meniatkan untuk melakukan kebaikan di pagi hari, maka malaikat akan ikut menyertai bahkan turut mendoakan semua harta yang kita miliki.

Imam Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun (datang) dua malaikan kepadanya lalu salah satunya berkata, “Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya,” sedangkan yang satunya lagi berkata, “Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil).” (HR. Bukhari)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah berdoa kepada Allah untuk memberikan keberkahan kepada umatnya yang beraktivitas di pagi hari. Tentunya doa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah doa mustajab yang sangat didengar oleh Allah.

Nabi saw. berdoa, “Ya Allah, berkahilah umatku di pagi hari”. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam biasa mengirim sariyyah atau pasukan perang di awal pagi. Sakhru merupakan seorang pedagang yang biasa mengantar kafilah dagangnya di awal pagi sehingga ia sejahtera dan hartanya bertambah.” (HR. Abu Dawud)

Baca Juga :  Doa Agar Tak Terlilit Utang

Banyak doa dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang mengajarkan agar kita memperhatikan waktu pagi. Imam Thabrani meriwayatkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Siapa yang bersholawat kepadaku saat pagi sepuluh kali dan sore sepuluh kali maka dia akan mendapat syafaatku pada hari kiamat.” (HR. Thabrani)

Masih ada banyak hadist lain yang menyampaikan betapa istimewanya pagi hari. Oleh sebab itu, sudah sepatutnya umat Islam benar-benar memperhatikan waktu paginya agar tidak berlalu tanpa keberkahan dari Allah subhanahu wa ta’ala. Wallahu a’lam.

Kontributor: Aisy*
Editor: Oki Aryono

*Script writer dan audio editor

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.