5 Manfaat Madu Hitam Pahit untuk Kesehatan
Ilustrasi lebah madu hitam.

Suaramuslim.net – Madu merupakan salah satu minuman alami yang asalnya dari nektar bunga yang kemudian dihisap oleh lebah. Untuk perawatan kecantikan tentu saja khasiat dari madu sudah tidak diragukan lagi. Terlebih lagi dalam urusan menjaga kesehatan. Pernahkah Kamu mendengar tentang madu hitam? Atau pernah mengonsumsinya?

Madu hitam atau bitter black honey merupakan jenis madu yang berbeda dengan madu pada umumnya. Madu yang biasa ditemukan di pasaran identik dengan warnanya yang bening kecoklatan dan juga rasanya yang manis, namun tidak begitu dengan madu hitam. Madu yang satu ini memiliki warna yang lebih pekat yaitu kehitaman dan rasa yang lebih pahit sehingga sering disebut madu hitam pahit.

Madu pahit adalah salah satu madu asli Indonesia. Madu ini dihasilkan lebah yang secara khusus menghisap nektar dari tanaman pahit nama ilmiahnya adalah Apis Mellifera. Lebah inilah yang berperan dihasilkannya jenis madu hitam yang memiliki rasa pahit. Madu hitam sendiri akan banyak ditemukan di wilayah Kalimantan dan Sumbawa.

Baca Juga :  Bagaimana Menghitung Berat Badan Ideal?

Dalam beberapa penilitian menyebutkan bahwa manfaat madu hitam pahit sungguh luar biasa bagi tubuh manusia. Sebab di dalam madu ini banyak mengandung berbagai zat penting bagi tubuh seperti adanya fruktosa, zat glukosa, zat sukrosa, zat maltosa, dan air alami serta gula alami yang tentu saja lebih kuat daripada yang terdapat dalam gula biasa.

Manfaat Madu Hitam Pahit untuk Kesehatan dan Kecantikan

Dengan mengonsumsi madu pahit secara rutin, maka beberapa masalah kesehatan di bawah ini bisa diatasi, insyaallah.

  1. Madu Hitam Pahit untuk Diabetes

Dalam madu hitam terkandung zat yang sangat penting untuk kesehatan tubuh terutama untuk penderita penyakit diabetes. Dan konsumsi madu hitam secara teratur bisa membantu untuk mengurangi kadar gula berlebih dalam tubuh yang menjadi masalah utama penyakit diabetes. Dengan mengonsumsi madu hitam pahit secara rutin setiap hari sebelum Kamu makan. Setelah itu silahkan tunggu khasiatnya dalam beberapa hari saja.

  1. Madu Hitam Pahit untuk Afrodisiak

Khusus untuk Kamuyang sedang mengalami permasalahan kesehatan terutama dalam hal gairah seks saat berhubungan. Salah satu solusi tepat adalah dengan mengonsumsi madu hitam pahit secara rutin. Ini dikarenakan madu hitam terbukti mengandung sifat afrodisiak. Yang berguna sebagai penambah gairah seks serta dapat membantu untuk menguatkan vitalitas/stamina saat berhubungan dengan pasangan Kamu.

  1. Madu Hitam Pahit untuk Asam Urat
Baca Juga :  8 Pilihan Olahraga Saat Bulan Puasa

Madu hitam pahit memiliki khasiat yang hampir serupa dengan khasiat pada madu murni. Yang akan sangat berguna dalam membantu mengatasi penyakit asam urat. Hal ini dikarenakan dalam madu hitam terkandung zat yang akan dapat menetralkan zat purin yang berlebih. Dan perlu Kamu ketahui bahwa zat purin inilah yang menjadi penyebab utama penyakit asam urat.

  1. Madu Hitam Pahit untuk Daya Tahan Tubuh

Karena kondisi tubuh yang kurang fit, hal ini dapat membuat berkurangnya produktifitas kerja Kamu. Dan jangan biarkan ini terus-menerus terjadi, karena bisa berdampak pada sistem imun atau sistem kekebalan tubuh akan melemah. Untuk dapat mengatasi masalah kesehatan tersebut, Kamu bisa mencoba untuk mengkonsumsi madu hitam pahit secara rutin. Karena dalam madu hitam memiliki kadar yang cukup signifikan yang akan mampu memaksimal sistem imun tubuh Kamu.

  1. Madu Hitam Pahit untuk Kolesterol

Pada tiap 1ons madu hitam terkandung banyak nutrisi, seperti serat pangan, gula, karbohidrat, protein dan juga adanya berbagai macam jenis vitamin. Seperti Vit-B2, Vit-B3, Vit-B5, Vit-B6, Vit-B9, Vit-C, zat besi, fosfor, kalium, , sodium, energi dan seng. Ditambah lagi jika madu hitam pahit dicampur dengan bahan herbal berkhasiat menggunakan takaran tertentu serta memiliki senyawa sinamaldehid, tentu saja khasiat dari madu tersebut akan dapat menyebuhkan kolesterol Anda.

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.