5 Nama Islami untuk Bayi Perempuan
Ilustrasi Bayi Perempuan. (Ils: Ana Fantofani/Siswi SMK 2 Muhammadiyah Surabaya)

Suaramuslim.net – Memberi nama yang baik untuk anak bukanlah hal yang sepele. Selain menjadi kewajiban orang tua, ia juga bisa menjadi kebanggaan tersendiri ketika anak dipanggil di akhirat. Tidak mengherankan jika para nabi pun sangat perhatian dengan masalah ini. Bahkan, ada nabi yang langsung namanya langsung dari Allah seperti Yahya (anak nabi Zakariya). Mengingat begitu pentingnya nama bagi buah hati, maka sudah seharusnya orang tua mempersiapkan nama yang baik bagi anaknya. Lima nama berikut semoga bisa menjadi inspirasi bagi para ayah bunda yang ingin mencari nama untuk bayi perempuannya.

Pertama, Aiqana Nahwa Aunika. Arti dari nama ini adalah yakin pada pertolongan-Mu. Maksudnya, anak ini diharapkan menjadi sosok yang selalu yakin dengan pertolongan Allah. Sesulit apapun yang akan dihadapinya, tidak membuatnya berputus asa pada rahmat dan pertolongan Allah.

Selain itu, sebahagia apapun kondisinya, juga tidak sampai lupa diri bahwa itu semua tidak lain adalah karena pertolongan dan rahmat Allah. Dengan kesadaran ini, ia diharapkan menjadi anak yang memiliki keimanan kuat, pandai beryukur ketika mendapat nikmat dan mampu bersabar ketika ditimpa kesulitan.

Baca Juga :  Utang Budi pada Anak

Kedua, Afifah  Taqieyyah Ghaniyah. Artinya, perempuan yang pandai menjaga kehormatan diri, bertakwa dan kaya. Ini sebagaimana doa yang pernah dilantunkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

للَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu petunjuk, ketaqwaan, keterjagaan, dan kekayaan.”  (HR Muslim, Tirmidzi  dan Ibnu Majah)

Anak dengan nama ini diharapkan memiliki akhlak yang luhur, pandai menjaga hubungan dengan Allah dan manusia, serta kaya yang kekayaannya bermanfaat untuk agama dan sosial.

Ketiga, Amarani Husna Salsabila. Artinya, (Allah) memerintahkanku berbuat yang terbaik, dan semoga dengan kebaikan itu akan mengantarkannya ke mata air surga. Salsabila adalah salah satu nama mata air di surga. Dalam surah al-Insan ayat 18 disebutkan bahwa orang-orang yang berbuat baik, kelak di akhirat akan diganjar dengan kenikmatan mata air di surga yang bernama Salsabila.

Keempat, Qanieta Naela Zanjabiela. Artinya, anak perempuan taat beribadah yang insyaallah kelak akan mendapatkan kenikmatan akhirat berupa gelas minuman yang dicampur dengan jahe nikmat ala surga. Ini diberikan bagi mereka yang berbuat baik, memenuhi janji, takut kepada Allah dan suka memberi makan kepada orang yatim maupun miskin. Artinya, dia adalah anak yang memiliki hubungan yang baik secara vertikal (dengan Allah) dan horizontal (sesama makhluk Allah).

Baca Juga :  School Shopping, Sesuai Kebutuhan Anak

Kelima, Qarry Ainahuma. Artinya, jadilah anak perempuan yang menjadi penyejuk hati bagi kedua orangtua. Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi penyejuk jiwanya, berbakti kepadanya dan menjadi penentram hati. Maka salah satu doa yang dilantunkan dalam al Quran yang berkaitan dengan makna ini:

وَٱلَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبۡ لَنَا مِنۡ أَزۡوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعۡيُنٖ وَٱجۡعَلۡنَا لِلۡمُتَّقِينَ إِمَامًا ٧٤

“Dan orang orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS Al-Furqan [25]: 74)

Itulah beberapa contoh nama bayi perempuan islami. Semoga bisa mengilhami para orang tua dan bisa mempraktikkan hadits Nabi berikut:

حَقُّ الْوَلَدِ عَلَى وَالِدِهِ اَنْ يُحْسِنَ اِسْمُهُ وَيَحْسِنُ مَوْضِعَهُ وَيُحْسِنُ اَدَبَهُ

“Kewajiban orang tua terhadap anaknya adalah memberi nama yang baik, memberi tempat tinggal yang baik, dan mengajari sopan santun.” (HR Baihaqi)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.