Kain motif berbagai warna. Foto: pixabay

Suaramuslim.net – Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerapkan malam pada kain, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan.

Sejarah batik di Indonesia terkait erat dengan perkembangan Kerajaan Majapahit dan penyebaran ajaran Islam di Pulau Jawa. Hingga awal abad ke-20,batik yang dihasilkan merupakan batik tulis. Batik cap baru dikenal setelah Perang Dunia I berakhir atau sekitar tahun 1920.

Sejarah Batik Indonesia awalnya berasal dari peninggalan nenek moyang masyarakat Jawa. Batik ini adalah warisan yang telah dinobatkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan Nonbendawi pada September 2009 lalu. Pengakuan ini dilaksanakan secara resmi pada sidang UNECO di Abu Dhabi. Kini setiap tanggal 2 Oktober 2009 lalu, telah dikenal sebagai Hari Batik Nasional, yang mana bentuk sebuah ungkapan rasa syukur.

Secara teknik batik Indonesia dinilai sarat simbol, dan budaya yang terkait erat dengan kehidupan masyarakat itu sendiri. Dengan begitu batik yang asli dari Indonesia ini tidak bisa diklaim oleh negara lain. Karena sebelumnya batik pernah diklaim sebagai warisan nenek moyang negara lain. Batik Indonesia sudah dikenal luas di seluruh penjuru Mancanegara. Bukan hanya terkenal oleh orang-orang Jawa, batik itu sendiri sudah menyebar di semua pulau yang ada di Indonesia.

Baca Juga :  Tips Memilih Gamis yang Disukai Anak

Baju yang bermotif batik pun bukan lagi hanya di pakai oleh orang Jawa. Sekarang kain batik sendiri telah dianggap pakaian resmi yang cocok untuk dipakai dalam acara apapun. Bahkan bukan hanya orang yang berkebangsawan, anak muda di seluruh Indonesia juga sering menggunakan baju bermotif batik.

Kain batik sendiri tak hanya di buat dengan model kebaya. Perkembangan fashion saat ini, batik di sulap menjadi bergabagi model, diantaranya gamis, blus, kemeja, rok, dan outer. Model baju gamis kombinasi batik merupakan salah satu jenis dari sekian banyak gaun yang sedang populer saat ini. Model baju muslim batik kombinasi ini bisa menjadi pilihan busana untuk pergi ke sebuah acara, pesta, maupun keseharian.

Gamis yang sedang trend saat ini adalah baju gamis batik kombinasi terbaru dari bahan maupun motif yang beragam. Seperti apa saja model baju gamis batik kombinasi yang sangat populer saat ini? Dibawah inilah beberapa model baju gamis batik kombinasi yang modern dan elegan, cocok buat kamu yang suka pergi ke acara maupun pesta.

Baca Juga :  Hijab Berbahan Ini lagi Ngetren di Kalangan Selebgram, Lho!

1. Kombinasi warna putih, hitam, dan sedikit motif batik ini cocok di gunakan saat ke kantor. Selain Elegan, gamis satu ini memiliki kesan semi formal

Foto: instagram/soganbatikjogja

2. Bagian dress yang kaku di bagian luar menggambarkan pendapat yang kuat., bagian dalam dress yang lembut menggambarkan hidayah. Motif kawung sipat menggambarkan tuntunan akhlaq muslim kepada saudaranya.

Foto: instagram/soganbatikjogja

3. Model gamis batik satu ini cukup simpel.Dengan satu jenis motif batik berwarna coklat, gamis batik ini cocok untuk keseharian kamu.

Foto: Fashina.com

4. Batik cap hanacaraka yang bertuliskan aksara jawa ini menggambarkan bahwa nasehat tentang syukur ini sangat dihayati oleh masyarakat Islam di jawa (Nusantara) yang juga di sebutkan dalam Al-Quran

Foto: instagram/soganbatikjogja

5. Gamis batik dengan warna merah dan kombinasi tiga jenis batik ini memperlihatkan sisi feminim kamu. Bisa digunakan saat acara berkumpul dengan sahabat lama, ke kantor, bahkan resepsi pernikahan

Foto: instagram/soganbatikjogja

6. Gamis batik dengan kombinasi dominan warna putih ini cocok sekali untuk acara pesta pernikahan ataupun acara-acara formal lain

Foto: fashionmuslim.info

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.