Yuk Intip, Rahasia Wajah Tetap Cantik dan Segar Meski Fisik Lelah dan Kurang Tidur
Ilustrasi eye sheet mask. (Foto: stylecaster.com)

Suaramuslim.net – Kesibukan atau insomnia mungkin saja menjadi penyebab kita kurang tidur. Padahal kita tahu bahwa dampak kurang tidur begitu signifikan bagi kondisi fisik seperti menimbulkan kelelahan, nyeri otot, lemas, pusing dan sebagainya. Tidur selama 8 jam sehari memang wajib hukumnya untuk kulit sehat, bersinar, dan bercahaya.

Kondisi seseorang yang kurang tidur semakin parah ketika harus dituntut untuk melakukan aktivitas harian yang padat dan menuntut vitalitas. Jika sudah demikian, perlu sekali untuk menyiasati bagaimana cara untuk tetap bisa merasa bugar dan tidak merasa ngantuk sepanjang hari. Belum lagi, saat tubuh kelelahan dan kurang tidur dapat memengaruhi aliran darah dalam tubuh dan menyebabkan kulit menjadi stres. Akibatnya kecantikan wajah jadi terganggu. Nah inilah 5 tips cantik yang bisa kamu lakukan di rumah agar kamu mendapatkan wajah cantik dan segar meski fisik lelah dan kurang tidur:

  1. Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi

Mulailah tidur dengan posisi kepala lebih tinggi. Dengan menggunakan 2 bantal tidur, kepalamu akan berada pada posisi yang lebih tinggi dari tubuhmu untuk menghentikan aliran darah terbendung di daerah mata. Ini merupakan salah satu cara termudah untuk mencegah mata bengkak.

Baca Juga :  10 Tips Membangun Keharmonisan Orang Tua dan Anak

Kalau kamu tidak terbiasa tidur dengan 2 bantal, gunakan 1 bantal tipis. Tidur merupakan langkah terbesar dalam memerangi mata bengkak akibat begadang, jadi usahakan untuk tetap dalam posisi nyaman saat tidur. Selain mengakali posisi tidur, penting untuk membatasi asupan garam dan gula di hari-hari sibukmu agar tak membuat kulitmu semakin terlihat kusam.

  1. Pastikan tidur dalam keadaan kulit lembab

Bangun dengan keadaan kulit kering dapat membuat penampilanmu terlihat buruk. Walaupun kamu baru sempat tidur menjelang subuh dan harus bangun lagi beberapa jam setelahnya, pastikan kamu tidur dalam keadaan kulit lembab. Pastikan kamu membersihkan wajah secara menyeluruh, menggunakan toner, pelembab, dan serum yang sesuai dengan jenis kulitmu. Ini untuk menjaga agar kulitmu terlihat bercahaya dan tidak kusam saat bangun di pagi hari.

  1. Lancarkan peredaran darah di sekitar mata

Aliran darah yang terkumpul di daerah mata dapat menimbulkan lingkaran hitam yang membuat wajahmu terlihat kusut dan lelah. Setelah bangun pagi, segera lakukan aktivitas yang dapat melancarkan peredaran darah khususnya di sekitar mata. Mulailah dengan mempraktikkan pose yoga “downward facing dog” yang dapat melancarkan aliran darah khususnya ke daerah wajah. Pose ini juga bagus untuk membantu menghilangkan lingkaran hitam pada mata.

Baca Juga :  Banyak Tumpukan Barang di Rumah? Begini 10 Cara Simpel Decluttering Home

Saat mandi, pejamkan matamu dan arahkan pancuran shower air hangat pada wajahmu. Biarkan air hangat mengaliri daerah matamu untuk memperlancar aliran darahnya. Lanjut dengan membersihkan wajah sambil memberi pijatan lembut di seluruh wajah untuk memaksimalkan peredaran darah pada wajah.

  1. Gunakan Eye Mask & Eye Cream

Dinginkan eye mask di dalam kulkas selama 5 menit. Jangan terlalu lama karena jika eye mask terlalu dingin justru akan membuat pembuluh darah terlihat semakin timbul. Gunakan selama 20 menit. Kamu juga bisa menggunakan kantung teh sebagai pengganti eye mask. Caranya seduh teh dengan air hangat, minum atau buang airnya. Dinginkan kantung teh di dalam kulkas dan tempelkan pada kedua mata.

Setelah menggunakan eye mask, jangan lupa untuk mengaplikasikan eye cream yang cocok dengan jenis kulitmu. Pijat lembut daerah matamu untuk melancarkan peredaran darah di sekitar mata dan mengurangi lingkaran hitam. Kalau matamu masih terlihat memerah, gunakan tetes mata seperlunya.

  1. Akali dengan make up

Kurang tidur, stres, dan kelelahan bisa membuat kulitmu kusam, terlihat kering, bahkan berjerawat. Saat ini terjadi, gunakan pelembab cair yang juga dapat membuat wajahmu terlihat lebih segar seperti BB cream atau mineral foundation. Memakai concealer juga merupakan tahap wajib yang tak boleh dilewatkan. Gunakan concealer dengan efek mencerahkan agar daerah sekitar matamu terlihat lebih cerah dan tidak kusam.

Baca Juga :  9 Manfaat Pelembab Wajah Malam Hari untuk Wajah Kamu

Oleskan eyeliner berwarna beige pada bagian dalam matamu yang cenderung berwarna merah setelah begadang. Mengaplikasikan warna beige akan membantu menyamarkan warna merah yang terjadi. Jangan lupa, selesaikan penampilanmu dengan tampilan yang memancarkan healthy glow. Gunakan blush on untuk membuat kulitmu terlihat sehat merona dan bedak agar permukaan kulit terlihat mulus. Sekarang kamu sudah siap tampil cantik setelah begadang semalaman, kan?

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.